Bola / bola-dunia
Rauhanda Riyantama
Keisuke Honda saat berseragam AC Milan pada 2016. (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Suara.com - Sosok Keisuke Honda nampaknya belum lelah menjajal petualangan baru di berbagai klub di belahan dunia. Terkini, pesepak bola 34 tahun itu resmi hijrah ke Liga Azerbaijan.

Melansir dari laporan Fox Sport Asia, Honda baru saja menandatangani kontrak dengan klub bernama Neftci PFK. Tim yang bermarkas di Baku tersebut berkiprah di Premier League Azerbaijan, alias kasta tertinggi negara tersebut.

Honda dilaporkan menandatangani kontrak berdurasi singkat. Eks bintang AC Milan itu dikontrak selama setengah musim dengan status bebas transfer, hingga akhir musim 2020/2021.

Sebelum gabung Neftci PFK, Honda sudah tak memiliki klub. Sebetulnya mantan penggawa Timnas Jepang itu sempat dikontrak oleh klub Portugal, Portimonense, namun diputus setelah lima hari karena persoalan administrasi yang gagal dipenuhi.

Baca Juga: Dapat Panggilan Timnas Swedia, Ibrahimovic: Sang Dewa Telah Kembali!

Azerbaijan adalah negara ketujuh dalam perjalanan karier Keisuke Honda sejak memulai pada 2004. Ia pernah bergabung untuk klub Belanda, Rusia, Italia, Meksiko, Brasil, dan Australia.

Keisuke Honda saat diperkenalkan sebagai pemain baru Neftci PFK. (Instagram/pfcneftchi)

Jika dirinci, Honda sudah membela 10 klub berbeda di tujuh negara tersebut. Ia memulai karier profesionalnya bersama Nagoya Grampus Eight (2004-2007), kemudian hijrah ke Eropa bersama VVV-Venlo (2008-2009) dan CSKA Moscow (2010-2013).

Bersama CSKA Moscow, Honda mencapai top performa hingga dilirik AC Milan. Pada musim dingin 2014, Rossoneri resmi mengumumkan perekrutan Honda dan memberikan nomor punggung keramat, yakni 10.

Honda sendiri bertahan di AC Milan selama 3,5 tahun dengan catatan 92 penampilan dan 11 gol. Tepat pada 2017, ia kemudian mengembara ke berbabagi klub di penjuru dunia, mulai dari Liga Meksiko (Pachuca), Liga Australia (Melbourne Victory), Liga Belanda (Vitesse), serta Liga Brasil (Botafogo).

Sementara itu, Honda dalam keterangan resminya mengaku hobi berkelana dari pada pulang ke Jepang. "Aku sudah membuat banyak kesalahan dan kegagalan. Itu kenapa aku berada di sini,'' ujarnya usai gabung Neftci PFK.

Baca Juga: 5 Hits Bola: Messi Mengamuk di Camp Nou, Begini Komentar Koeman

''Semua orang bilang kepadaku, 'Kenapa tidak pulang ke Jepang untuk terus bermain?'. Itu tidak menarik buat diriku. Aku mungkin orang yang aneh, tapi begitulah diriku,'' pungkas Keisuke Honda.

Komentar

terkini