Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer (tengah) melakoni sesi latihan bersama rekan-rekannya jelang laga pertandingan semifinal Euro 2020 lawan Inggris. [Paul ELLIS / AFP]

Suara.com - Bek andalan sekaligus kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer melontarkan psywar jelang partai semifinal Euro 2020 kontra Timnas Inggris yang akan dihelat di Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB nanti.

Bek tengah berusia 32 tahun itu menyebut kalau skuad Denmark saat ini dihuni pemain-pemain 'generasi emas' dan layak dikenang. Karena itu, Inggris akan salah besar jika menganggap enteng Tim Dinamit --julukan Timnas Denmark.

Menurut Kjaer, keberhasilan menembus semifinal di Euro 2020 ini adalah pencapaian luar biasa. Denmark pun kini tinggal selangkah lagi untuk mencapai partai puncak.

Perjalanan Kjaer dan kawan-kawan sendiri bisa dibilang bak rollercoaster. Seperti diketahui, Denmark menelan dua kekalahan dari dua laga awal mereka di fase grup Euro 2020.

Baca Juga: Inggris vs Denmark: Tottenham Connection, Harry Kane Nantikan Pertarungan Lawan Hojbjerg

Namun, kemenangan di laga terakhir babak penyisihan membuat mereka lolos sebagai runner-up Grup B dan kemudian melibas Wales dengan skor telak 4-0 di babak 16 besar, sebelum mengalahkan Republik Ceko 2-1 di perempatfinal.

"Ini perjalanan luar biasa bagi kami, ini gila. Ya, ini sungguh sebuah pencapaian gila yang kami buat bersama-sama sebagai sebuah tim, tim yang jelas punya kualitas selain determinasi dan kolektivitas," celoteh Kjaer seperti dimuat laman resmi Euro 2020, Rabu (7/7/2021).

"Generasi emas Denmark? Anda boleh saja bilang begitu. Ya, saya pikir ini adalah generasi emas Denmark yang layak dikenang. Inggris akan salah besar jika menganggap remeh kami," koar bek AC Milan itu.

Kapten Timnas Denmark, Simon Kjaer (kanan) tampil pada laga perempatfinal Euro 2020 kontra Republik Ceko di Azerbaijan, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. [OZAN KOSE / POOL / AFP]

"Tapi, ini belum berakhir bagi kami. Kami mencapai semifinal, tapi kami masih ingin lebih lagi," tutur Kjaer.

"Kami menyimpan satu target sebelum turnamen digelar, yakni kami akan ke Wembley (yang jadi venue laga semifinal dan final Euro 2020). Dan sekarang kami benar-benar berada di Wembley," ucapnya.

Baca Juga: Morata Gagal Penalti Lagi, Luis Enrique: Dia Sendiri yang Inisiatif Jadi Eksekutor

"Akan tetapi sekali lagi, saya pun akan berdusta apabila saya mengatakan bahwa kami senang-senang saja bisa mencapai semifinal," tandasnya.

Jika Timnas Denmark berhasil melewati hadangan Inggris, mereka akan menantang Italia pada laga final Euro 2020. Partai puncak akan digelar di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Patut dinanti apakah Kjaer dan kawan-kawan mampu mengulangi pencapaian fenomenal di Euro 1992 silam, saat Denmark yang kala itu diperkuat kiper legendaris Peter Schmeichel berhasil menjuarai turnamen.

Komentar