Bola / bola-dunia
Arief Apriadi
Striker Timnas Malaysia, Norshahrul Idlan Talaha (R), melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas Myanmar di Stadion Nasional Bukit Jalil di Kuala Lumpur pada 24 November 2018. (MOHD RASFAN/AFP).

Suara.com - Timnas Malaysia menjadi salah satu negara yang akan berpartisipasi di Piala AFF 2020. Berikut ini Suara.com akan menyajikan profil Timnas Malaysia lengkap dengan daftar pemain.

Timnas Malaysia dijuluki Harimau Malaya. Adapun, bicara soal sejarah singkat mereka, Timnas Malaysia adalah salah satu bagian dari Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara alias AFF yang sudah ada sejak 1930.

Namun demikian, Malaysia baru berpartisipasi saat melawan Korea Selatan dalam laga persahabatan. Laga tersebut terjadi pada April 1953.

Mereka juga ikut dalam Kualifikasi Piala Dunia. Hanya, hingga saat ini, Malaysia belum pernah lolos ke ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga: Jelang Piala AFF 2020, Pelatih Malaysia Soroti Peran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Bergeser ke kawasan Asia, Malaysia sudah berpartisipasi sejak 1956. Namun, mereka banyak tak lolos kualifikasi ketimbang ikut turnamen. Sebab, mereka baru menancapkan namanya pada 1976, 1980, dan 2007 di babak 1.

Jika terkait Piala AFF. Malaysia terus berpartisipasi sejak gelara ini digulirkan pada 1996 silam. Prestasi terbaik Timnas Malaysia adalah juara pada edisi 2010.

Berikut Data dan Fakta Timnas Malaysia

Timnas: Malaysia

Julukan: Harimau Malaya

Baca Juga: Dimulai 9 Desember, Berikut Jadwal Laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Asosiasi: Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM)

Komentar