Bola / bola-indonesia
Rauhanda Riyantama | Arif Budi
Pesepak bola Timnas Indonesia Evan Dimas (kedua kanan) mempertahankan bola dari kawalan pesepak bola Timnas Vietnam Que Ngoc Hai (kiri) dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam. ANTARA FOTO

Suara.com - Media Vietnam baru-baru ini menyorot rekor Timnas Indonesia saat berjumpa negaranya di Piala AFF. 

Undian grup Piala AFF 2020 sudah digelar di Singapura secara virtual pada Selasa (21/9/2021) siang WIB. Hasilnya, Indonesia ada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Menyadur dari laporan thethao247 pada Rabu (22/9/2021), Vietnam yang berstatus juara bertahan dilaporkan punya presentase kemenangan tertinggi di antara empat negara lainnya.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa presentase kemenangan Vietnam melihat dari rekor pertemuan mencapai sebesar 56 persen. Hal itu wajar karena Vietnam punya rekor manis ketika berjumpa Malaysia, Kamboja, serta Laos.

Baca Juga: Jelang Piala AFF 2020, Pelatih Malaysia Soroti Peran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Vietnam punya rekor tujuh kemenangan, tiga kali seri, dan tiga kekalahan ketika menghadapi Malaysia di Piala AFF. Ketika melawan Laos, Vietnam juga menang tujuh kali, sekali imbang, dan tak pernah kalah.

Rekor luar biasa juga dimiliki Vietnam ketika menghadapi Kamboja. Sebab, mereka sudah mengalahkan Kamboja sebanyak empat kali.

Pemain Timnas Indonesia, Yakob Sayuri (kiri) coba merebut bola dari gelandang Vietnam Phan Van Duc dalam lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Senin (7/6/2021) malam. [AFC]

Nah, Indonesia sendiri disebut sebagai negara yang paling menyulitkan Vietnam. Sebab, rekor pertemuan Indonesia memang mentereng ketika berjumpa Golden Star Warriors.

Indonesia telah bertemu sebanyak sembilan kali dengan Vietnam di Piala AFF. Skuat Garuda berhasil meraih tiga kemenangan, lima kali seri, dan hanya sekali kalah.

Tentu ini menjadi modal baik bagi anak asuh Shin Tae-yong jelang Piala AFF 2020 mendatang. Namun, Timnas Garuda tak boleh besar kepala karena Vietnam sudah bertransformasi menjadi tim yang menakutkan.

Baca Juga: Dimulai 9 Desember, Berikut Jadwal Laga Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Vietnam sendiri merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam tergabung dengan negara kuat seperti Australia, Arab Saudi, Oman, Jepang, dan China.

Komentar