Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Kiper Manchester United, David de Gea (tengah) beraksi dalam laga Liga Champions kontra Villarreal di Old Trafford, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. [Anthony Devlin / AFP]

Suara.com - Meski performanya dianggap menurun dalam beberapa musim terakhir, manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer meyakini jika David de Gea tetaplah "kiper terbaik di dunia" saat ini.

De Gea memang tampak sudah kembali ke form terbaiknya di musim 2021/2022 ini. Teranyar, kiper internasional Spanyol berusia 30 tahun itu tampil kesetanan saat Manchester United menang dramatis 2-1 atas Villarreal dalam laga matchday 2 Grup F Liga Champions di Old Trafford, Kamis dini hari tadi.

De Gea memang membuat sejumlah save fantastis untuk Manchester United, hingga akhirnya Cristiano Ronaldo mencetak gol super telat sekaligus gol kemenangan Setan Merah pada menit ke-90+5.

Ronaldo mungkin jadi aktor penentu kemenangan Manchester United atas Villarreal, namun bagi Solskjaer, De Gea adalah man of the match laga sengit ini.

Baca Juga: Ronald Koeman di Ambang Pemecatan, Frenkie de Jong: Itu Bukan Solusi buat Barcelona

"Syukurlah kami memiliki kiper terbaik di dunia. Bagi saya, dia tetap kiper terbaik di dunia saat ini," ujar Solskjaer seperti dimuat laman resmi UEFA, Kamis.

Gestur manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (kanan) pada laga Liga Champions kontra Villarreal di Old Trafford, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB.

"David bermain fantastis. Babak kedua, mereka (Villarreal) menguasai bola lebih banyak, bermain terbuka dan mereka pantas memimpin. Untungnya kami memiliki kiper tangguh di sisi kami," tambahnya. 

De Gea tidak mendapat pujian serupa di final Liga Europa musim lalu melawan Villarreal, karena gagal menyelamatkan 11 tendangan dalam adu penalti sebelum gagal mengeksekusi tendangan penentuan sehingga Manchester United kalah 10-11 di babak tos-tosan. 

"David mengalami musim panas yang sulit setelah final Liga Europa. Dia juga pergi ke Euro 2020 namun tidak bermain di sana (De Gea hanya jadi cadangan Unai Simon di Timnas Spanyol). Namun, dia benar-benar kembali musim ini dengan tekad, keyakinan dan peningkatan kinerja yang saya sukai," ungkap Solskjaer.

"Dalam pertandingan ini, dia mendapatkan pujian yang pantas karena menyelamatkan kami malam ini. Kami harus realistis dan mengatakan itu," tukas pelatih berusia 48 tahun asal Norwegia itu.

Baca Juga: Villarreal Kalah Lewat Gol Super Telat Ronaldo, Unai Emery Sebut MU Beruntung

Komentar