Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Gelandang Timnas Belanda, Georginio Wijnaldum. [Darko Bandic / POOL / AFP]

Suara.com - Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal mengungkapkan kekhawatiran terhadap gelandang andalannya, Georginio Wijnaldum. Pasalnya, menit bermain sang gelandang sentral belakangan mulai tergerus bersama klubnya, Paris Saint-Germain (PSG).

Van Gaal mengaku khawatir hal tersebut akan berefek ke Timnas Belanda, yang akan melakoni dua pertandingan di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa pada jeda internasional Oktober ini.

Belanda akan bertandang ke markas Latvia pada Sabtu (9/10/2021) dini hari WIB nanti, sebelum menjamu Gibraltar di Rotterdam pekan depan dalam laga lanjutan Grup G.

Direkrut pelatih Mauricio Pochettino secara gratis usai meninggalkan Liverpool di bursa transfer musim panas kemarin, Wijnaldum baru tampil selama 57 menit dalam dua pertandingan PSG di Liga Champions musim ini.

Baca Juga: Sontak Jadi Klub Tajir, Newcastle Segera Datangkan Antonio Conte?

Pemain berusia 30 tahun itu juga hanya lima kali jadi starter dalam sembilan pertandingan yang telah dilakoni Ligue 1 Prancis 2021/2022, dengan ia cuma dua kali bermain penuh, yakni pada laga pekan pembuka dan pekan ketiga.

Belakangan posisi Wijnaldum tergeser oleh duo gelandang tengah; Idrissa Gueye dan Ander Herrera, yang meskipun difungsikan sebagai double pivot namun keduanya cukup produktif bikin gol untuk PSG.

Sementara di posisi gelandang serang, ketimbang memainkan Wijnaldum, Pochettino lebih suka menempatkan Lionel Messi di pos tersebut untuk berintegrasi dengan Angel Di Maria, Neymar dan juga Kylian Mbappe sebagai attacker PSG dalam patron 4-2-3-1.

Nah, Van Gaal mengaku cukup cemas dengan situasi Wijnaldum ini.

Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [IAN KINGTON / AFP]

Van Gaal sendiri tetap memanggil Wijnaldum ke timnas karena memang tak bisa dipungkiri, sebagai pemain senior peran Wijnaldum di skuad muda Belanda cukup besar.

Baca Juga: Di Bawah Mohammed bin Salman, Newcastle United Bisa Lebih Besar dari PSG

Terlebih, mantan pemain PSV dan Newcastle United itu juga berstatus wakil kapten De Oranje --julukan Timnas Belanda-- saat ini, sebagai deputi dari Virgil van Dijk sebagai kapten tim.

"Tentu saja saya khawatir. Terkait hal ini, saya sudah menyampaikan kekhawatiran saya ini pada Gini (Wijnaldum)," ungkap Van Gaal seperti dilansir RMC Sport, Jumat (8/10/2021).

"Harus diakui bahwa dia adalah pilar di lini tengah tim Belanda saat ini. Tapi, dia harus lebih sering bermain di level klub. Dia tahu situasinya, meski kita tahu PSG dipenuhi pemain-pemain bintang saat ini," tukas pelatih kawakan berusia 70 tahun itu.

Komentar