Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman
Pemain Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri melakukan selebrasi usai membobol gawang Taiwan (dok. PSSI).

Suara.com - Cukup banyak pemain Timnas Indonesia yang mendapat kesempatan berkarier di luar negeri dalam beberapa tahun terakhir.

Pada laga Indonesia melawan Taiwan di playoff Kualifikasi Piala Asia 2023, misalnya, ada lima pemain yang merumput di luar negeri. Siapa saja mereka?

Pesepak bola Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) mencoba melewati dua pesepak bola Taiwan pada babak Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Stadion Chang Arena Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021). [ANTARA FOTO/Humas PSSI]

1. Asnawi Mangkualam

Pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri pertama adalah Asnawi. Sejak Februari 2021 lalu, pemain berusia 21 tahun ini bergabung dengan klub divisi kedua Liga Korea, Ansan Greener.

Baca Juga: Curhat ke Media Korsel, Shin Tae-yong Mengaku Bangga Bisa Latih Timnas Indonesia

Sudah 12 pertandingan yang dilewati Asnawi bersama Ansan. Dia pun selalu jadi pilihan utama Shin Tae-yong di sisi kanan pertahanan Indonesia pada dua leg melawan Taiwan.

2. Egy Maulana Vikri

Sudah cukup lama Egy berkarier di luar negeri, khususnya Eropa. Dia memulai kariernya di Eropa bersama klub Polandia, Lechia Gdask, pada 2018 silam.

Setelah 3 tahun di sana, Egy tak cukup banyak mendapat kesempatan bermain. Pemain asal Sumatera Utara tersebut akhirnya pindah ke klub Slovakia, FK Senica.

3. Witan Sulaeman

Baca Juga: PSSI Serahkan Nasib Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 ke AFC

Mengikuti jejak Egy, Witan juga menjajal peruntungan dengan berkarier di Eropa. Perjalanannya dimulai dengan bergabung bersama klub asal Serbia, Radnik Surdulica.

Namun, Witan tak bertahan lama di sana kemudian pindah ke klub Egy sebelumnya, Lechia Gdansk. Di leg kedua melawan Taiwan kemarin, Witan sukses menyumbangkan satu gol.

4. Ryuji Utomo

Bek tangguh ini sekarang bergabung bersama klub asal Malaysia, Penang FA, dengan status pinjaman dari Persija Jakarta. Ryuji telah memainkan 15 laga bersama Penang FA di musim ini.

Sebelum ke Malaysia, Ryuji sudah pernah berkarier di luar negeri juga. Dia sempat bermain di Bahrain bersama Al Najma dan di Thailand memperkuat PTT Rayong.

5. Syahrian Abimanyu

Syahrian Abimanyu saat ini bermain di Liga Super Malaysia. Pada akhir 2020 lalu, pemain Timnas Indonesia ini mengikat kontrak dengan Johor Darul Takzim alias JDT.

Tak tanggung-tanggung, JDT memagari Abimanyu dengan kontrak 3 tahun. Catatan ini boleh jadi sebagai atribut bagaimana Abimanyu akan menjadi pemain masa depan JDT.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar