Bola / liga-spanyol
Arief Apriadi
Ekspresi manajer Manchester City, Pep Guardiola pada laga Liga Inggris kontra Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium, London, Senin (16/8/2021) dini hari WIB. [Adrian DENNIS / AFP]

Suara.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola menyebut mantan anak latihnya, Xavi Hernandez siap untuk menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih baru Barcelona.

Ronald Koeman dipecat setelah Barcelona kalah 0-1 dari Rayo Vallecano di Liga Spanyol pada Kamis (28/10/2021), dan Xavi disebut-sebut jadi kandidat terkuat menggantikannya.

Xavi Hernandez bukanlah wajah yang asing bagi Barcelona. Dia merupakan legenda klub yang hampir sepanjang kariernya dihabiskan di Camp Nou.

Pep, yang pernah melatih Barcelona pada periode 2008-2012, menganggap Xavi Hernandez pantas untuk menjadi pelatih baru Barcelona.

Baca Juga: Levante vs Atletico Madrid: De Paul Anggap Semua Laga Layaknya Final

Tanggapan itu dilontarkan Pep berdasarkan kiprah Xavi yang telah merambah dunia kepelatihan bersama klub Qatar, Al-Sadd FC sejak 2019.

"Xavi, saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Jika itu terjadi, saya tidak ragu dia siap untuk melakukan pekerjaan itu," kata Pep Guardiola dikutip dari BBC Sport, Jumat (29/10/2021).

Pelatih Al Sadd SC, Xavi Hernandez. [AFP]

"Dia tahu permainannya, dia memiliki gairah dan saya cukup yakin dia memiliki lebih banyak pengalaman sekarang daripada yang saya miliki ketika saya mengambil alih [jabatan pelatih Barcelona]."

Xavi Hernandez yang kini masih terikat kontrak dengan Al-Sadd hingga 2023, diharapkan bisa segera diumumkan sebagai pelatih Barcelona saat proses pemutusan kerjasamanya bersama klub Qatar selesai.

Merujuk media Spanyol, Sport, Barcelona dan Xavi telah mencapai kesepakatan di mana juru taktik 41 tahun itu menandatangani kontrak hingga 2024.

Baca Juga: Lionel Messi Dukung Penuh Xavi Jadi Pelatih Anyar Barcelona

Komentar