Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Penyerang timnas Argentina Lionel Messi (kiri) dan gelandang Rodrigo De Paul (kanan) memegang trofi Copa America sambil berpose untuk foto setelah akhir pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan kontra Bolivia di Stadion El Monumental di Buenos Aires pada 9 September 2021. Juan Ignacio RONCORONI / POOL / AFP

Suara.com - Lionel Messi layak memenangkan Ballon d'Or. Dilaporkan Football Espana, Sabtu (27/11/2021), Rumor menyebut jika pemain Argentina itu telah diberitahu bahwa dia akan memenangi penghargaan tersebut.

Akan tetapi, sepanjang sejarah gelaran penghargaan individu tersebut, rumor bukan hal baru. Artinya, pemenang akan benar-benar dipastikan pada Senin (29/11/2021) waktu Paris atau Selasa (30/11/2021) dini hari WIB.

Lionel Messi memang menjadi salah satu kandidat kuat untuk memenangi trofi bergengsi tersebut.

Trofi Ballon d'Or [AFP]

Musim lalu, Messi mencetak 30 gol dalam 36 penampilan La Liga, meskipun performa Barcelona di bawah asuhan Ronald Koeman ketika itu turun naik. Koeman sendiri pada akhirnya dipecat pada akhir Oktober 2021.

Baca Juga: Messi atau Lewandowski? Berikut Jadwal Pemenang Ballon d'Or 2021 Malam Ini

Berkat kecemerlangan pemain Argentina itu, Barcelona yang tampil buruk di musim 2020/21 berhasil mengamankan posisi ketiga, lolos ke babak 16 besar Liga Champions dan memenangkan Copa del Rey.

Di final Copa del Rey, Antoine Griezmann dan Frenkie de Jong juga menjadi kunci kemenangan di laga terakhir, tetapi Messi-lah yang menjadi sosok sentral.

Di final melawan Athletic Club di La Cartuja, ia mencetak dua gol dalam 30 menit terakhir dan dinobatkan sebagai man-of-the-match. Setelah pertandingan, rekan satu timnya berbaris satu per satu untuk difoto bersama Messi dan trofi.

Ketika itu, para pemain Barcelona seakan tahu itu bisa menjadi kesempatan terakhir mereka untuk berfoto bersama Messi, dan itu terjadi.

Messi meninggalkan Barcelona ke Paris Saint-Germain (PSG) dengan status bebas transfer di musim panas 2021, tetapi itu hanya hal terpenting kedua yang terjadi selama penutupan musim baginya.

Baca Juga: Alami Cedera Horor, Berapa Lama Neymar Absen Bela PSG?

Penyerang Paris Saint-Germain, Lionel Messi tampil dalam laga Ligue 1 Prancis kontra Saint-Etienne di Stadion Geoffroy-Guichard yang bersalju di Saint-Etienne, Minggu (28/11/2021) malam WIB. [Jeff PACHOUD / AFP]

Peristiwa paling penting terjadi di Rio de Janeiro, di Maracana. Messi memimpin Argentina meraih kemenangan di final Copa America, mengalahkan rival mereka, Brasil.

Itu adalah gelar besar pertama yang dimenangkan Argentina sejak 1993, dan Messi adalah pemain terbaik di turnamen tersebut. Dia mencetak empat gol dan menyumbang lima assist.

Sejak bergabung dengan PSG, Messi gagal menunjukkan performa terbaiknya. Ada saat-saat di mana dia bersinar, tetapi Mauricio Pochettino masih berusaha mencari cara untuk menjadikan trio Messi, Neymar dan Kylian Mbappe sebagai senjata mematikan.

Meski belum menunjukkan performa terbaiknya di PSG, melihat permainan dan peran Messi secara keseluruhan sejak tahun lalu, pemain berjuluk La Pulga itu pantas memenangi trofi Ballon d'Or.

Messi layak dinobatkan sebagai pemain terhebat di dunia untuk ketujuh kalinya.

Sebagaimana diketahui, Ballon d'Or harus diberikan berdasarkan dua hal - kinerja dan prestasi. Apakah pemain tersebut tampil di level elite sepanjang tahun kalender? Apakah pemain yang bersangkutan memberikan kontribusi yang berarti bagi kesuksesan kolektif?

Messi telah melakukannya, dan dia melakukannya dengan gaya yang tak tertandingi.

Komentar