Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Alex Dos Santos Goncalves, pemain asal Brasil perkuat Persita Tangerang. (ist)

Suara.com - Asosiasi Pesepakbola Profesional (APPI) turun tangan mengawal pemain Persita Tangerang, Alex dos Santos Goncalves, yang berseteru dengan mantan timnya Tira Persikabo. Seperti diketahui, Alex dilaporkan Tira Persikabo ke polisi dengan dugaan pencemaran nama baik.

Tidak hanya APPI, Alex juga bakal didampingi oleh kedutaan besar Brasil. Pihak kedutaan juga memberikan kuasa hukum untuk memberikan pendampingan dan bantuan atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh Alex.

Permasalahan hukum antara Alex dengan Tira Persikabo bermula dari pemotongan gaji sebesar 75 persen yang dilakukan oleh Klub. Alex mengklaim tidak diberitahu dan tak menyetujui kebijakan klub tersebut.

Pesepak bola Persikabo 1973 Alex Dos Santos Goncalves (kiri) menguasai bola dengan dikawal pesepak bola Persita Tangerang Hamka Hamzah (kanan) dalam lanjutan Liga 1 2020 di Stadion Pakansari, Bogor Jawa Barat, Minggu (15/3/2020). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.

Atas hal tersebut Alex mengajukan gugatan ke DRC FIFA. Pada 15 November 2021 DRC FIFA memenangkan gugatan Alex tersebut.

Baca Juga: Link Live Streaming Persita Tangerang Vs PSIS Semarang, BRI Liga 1 Malam Ini

"Karena permasalahan gaji tersebut terdapat masalah mengenai EPO (Exit Permit Only) atas Alex yang mengakibatkan tidak dapat mengurus Visa kerja dan tidak dapat bermain untuk Persita Tangerang," tulis pernyataan APPI dalam rilisnya.

"Hal tersebut lah yang diungkapkan Alex melalui media sosial yang kemudian ditanggapi oleh pihak Klub Persikabo dengan laporan kepada pihak kepolisian."

Lebih lanjut, permasalahan hukum Alex dan Tira Persikabo bakal dilaporkan kepada FIFA. Saat ini FIFA melalui badan terkait sedang melakukan investigasi.

"Saat ini kasus Alex tengah dilaporkan dan menjadi perhatian FIFA, FIFPro di mana FIFA melalui Investigatory Chamber of the FIFA Ethics Committee sedang melakukan analisis dan investigasi mendalam atas kasus ini," sambungnya.

"APPI akan mengawal dan juga berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait agar permasalahan tersebut dapat segera terselesaikan dan yang paling utama agar jika terdapat perselisihan dalam lingkup sepak bola dapat terselesaikan dengan regulasi sepak bola sesuai dengan aturan yang berlaku," pungkasnya.

Baca Juga: Hasil BRI Liga 1: Persipura Jayapura Batalkan Kemenangan PSS Sleman di Stadion Manahan

Komentar

terkini