Bola / bola-dunia
Reky Kalumata
Gelandang Botafogo asal Jepang Keisuke Honda memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Kejuaraan Carioca melawan Bangu di stadion Nilton Santos, di Rio de Janeiro, Brasil, pada 15 Maret 2020. DIEGO MARANHAO / AFP

Suara.com - Dalam urusan bursa transfer pemain tak melulu bicara soal uang. Sebab, dalam klausul kontrak yang tertera di dalamnya, ada juga elemen-elemen yang cukup nyeleneh.

Berikut sejumlah pesepak bola terkenal yang punya klausul aneh di klubnya. Silakan disimak:

Keisuke Honda

Pada 2020, Keisuke Honda resmi berlabuh ke salah satu klub Brasil, Botafogo. Namun, dalam klausul kontrak yang tertera, pemain asal Jepang ini mengajukan syarat.

Baca Juga: 9 Pemain Bintang Ini Mungkin Memainkan Piala Dunia Terakhir pada 2022

Adalah kendaraan lapis baja yang dilengkapi dengan senjata. Permintaan ini lahir lantaran kota Rio de Janeiro dianggap salah satu tempat paling berbahaya di dunia.

Honda mengaku khawatir akan keselamatannya. Sebab, di negara penggila sepak bola tersebut, ada 4 klub sebagai rival klub yang dibelanya yakni Botafogo, Flamengo, Fluminense, dan Vasco da Gama.

Samuel Eto'o

Pada 2011, Samuel Eto'o membuat sebuah kejutan. Perpindahan dari Inter Milan ke klub asal Rusia, Anzhi Makhachkala, membikin dirinya menjadi pemain dengan bayaran tertinggi di dunia.

Dalam klausul kontraknya, Eto'o juga diberikan jet pribadi oleh klub. Pemain asal Kamerun ini meminta fasilitas tersebut lantaran dia ingin tinggal di Moskow, bukan di Makhachkala yang jaraknya lebih dari 1.500 km.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Dunia yang Hobi Main Game, Ada yang Sampai Punya Tim Esports Sendiri

Penerbangan normal sendiri membutuhkan waktu 2 jam. Jika menggunakan jet, ia akan tiba tak kurang dari 1 jam.

Komentar

terkini