Entertainment / music
Farah Nabilla
Grup Kpop yang Punya Lebih dari Satu Leader - Exo (koreaboo)

Suara.com - Sebuah gruop idol Kpop biasanya memiliki formasi yang dipimpin oleh seorang leader. Meski tak semua grup Kpop memiliki leader, tapi peran pemimpin ini masih sering ditemukan di beberapa grup idol. Menariknya, ada beberapa grup Kpop punya lebih dari satu leader. Siapa saja?

Peran leader ini cukup membantu sebuah grup Kpop untuk mengatur dan memberi arahan agar penampilan mereka lebih maksimal baik ketika di panggung maupun di sebuah acara. Biasanya leader akan lebih menonjol karena mewakili member lainnya dalam berbagai hal seperti menerima penghargaan. Leader biasanya juga memimpin perkenalan grup.

Namun apa jadinya jika sebuah grup K-Pop dipimpin lebih dari satu leader. Memangnya ada? Simak daftar grup K-Pop yang punya lebih dari satu leader dan beragam alasan yang melatarbelakanginya berikut ini.

1. TREASURE

Baca Juga: Daftar Pemenang Asia Artist Awards (AAA) 2021, BTS hingga Aespa Raih Daesang

TREASURE

Grup dengan member terbanyak di YG Entertainment, TREASURE, memiliki 2 leader. Bagaimana tidak, TREASURE memiliki 12 member laki-laki yang tentu tidak mudah mengaturnya. Leader ganda yang terpilih adalah Hyunsuk dan Jihoon. Dengan adanya dua leader, grup yang baru debut pada 2020 tersebut diharapkan lebih bersinergi satu sama lain.

2. UP10TION

UP10TION. [Instagram/u10t_official]

UP10TION yang debut pada 2015 memiliki 10 anggota. Bukan hanya leader, UP10TION juga memiliki wakil leader. Jinhoo dipercaya sebagai leader, sedangkan Kuhn berada di posisi wakil leader. Kini Kuhn menjadi leader UP10TION karena Jinhoo mendaftar wajib militer sejak November 2020.

3 . Seventeen

SEVENTEEN (Instagram/@saythename_17)

Seventeen dipimpin S.Coups sejak debut pada 2015. Namun member dengan 13 member ini juga memiliki 3 subunit berdasarkan kemampuan masing-masing. Selain Seventeen secara keseluruhan, S.Coups juga menjadi leader Hip Hop Unit. Selanjutnya, vocal unit dipimpin Woozi yang berperan sebagai lead vocalist dalam Seventeen. Untuk performance unit, Hoshi mendapat kepercayaan sebagai leader.

Baca Juga: 10 Boy Group K-Pop dengan Subscriber Terbanyak di YouTube, BTS Unggul!

4. NCT

Komentar