Suara.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fungsi otak, mulai dari latihan fisik, istarahat yang cukup dan pola makan sehat.
Berbicara soal makanan, berbagai penelitian telah membuktikan bahwa makanan tertentu mampu membantu memperkuat ingatan, mencegah pikun bahkan Alzheimer.
Dan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi diet Mediterania dan pendekatan diet untuk mengatasi hipertensi (dietary Approaches to stop hypertension/DASH) dalam bentuk beragam buah, sayuran, lemak sehat dan protein tak hanya baik untuk jantung, tetapi juga otak.
"Secara umum, apa yang sehat bagi jantung baik juga bagi otak," tutur profesor dari Mayo Clinic yang fokus pada penelitian penyakit Alzheimer dan neurogeneratif, Mielke.
Berikut beberapa makanan dari kombinasi diet mediterania dan DASH yang bisa membantu mencegah otak dari kepikunan seperti dilansir Prevention.
1. Ikan laut
Ikan laut mengandung dua nutrisi utama yang membantu otak tetap tajam yakni lemak Omega-3 dan Vitamin D. Penelitian dari Tuffts University, Amerika Serikat menemukan bahwa orang yang rutin menyantap salmon, tuna, halibut tiga kali seminggu bisa menurunkan risiko Alzheimer hingga 40 persen.
2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi yang kaya Vitamin K terbukti mampu memperlambat penurunan kognitif. Studi menunjukkan orang yang mengonsumsi 1-2 porsi sayuran hijau setiap hari kemampuan kognitifnya 11 tahun lebih muda ketimbang orang yang jarang menyantapnya.
3. Minyak zaitun
Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Alzheimer menemukan fakta minyak zaitun extra virgin meningkatkan ingatan. Penelitian lain juga temukan manfaat minyak ini terkait dengan penurunan risiko Alzheimer.
4. Bluberi
Bluberi kaya antioksidan yang menyehatkan otak. Senyawa ini mampu melindungi sel-sel otak dari oksidasi dan meningkatkan komunikasi neuron otak.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Mengapa Pertalite Mau Dihapus?
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- 5 Lipstik Rekomendasi Fuji yang Tahan Lama, Tidak Kering dan Anti Pecah-Pecah
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional