Suara.com - Selama ini wortel dikenal sebagai makanan bernutrisi tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.
Namun, tahukah Anda bahwa manfaat wortel ternyata tak hanya sampai di situ. Studi terkini yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, wortel bisa membantu melawan risiko kanker payudara.
Peneliti mengatakan wortel dan jenis sayuran lainnya yang mengandung beta karoten (senyawa organik alami) yang membuat sayuran berwarna cerah diduga memiliki efek perlindungan bagi payudara.
Kesimpulan ini didapat setelah peneliti melakukan analisa terhadap sekitar 58 ribu perempuan di Inggris yang didiagnosis kanker payudara menjalani diet sayuran yang kaya akan beta karoten. Mereka menemukan beta karoten mampu menurunkan risiko kanker mereka.
Temuan inilah yang membuat para peneliti dari seluruh Eropa mempelajari kadar beta karoten dalam wortel, dan melihat seberapa besar pengaruh kanker jika mengonsumsi makanan dengan kandungan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan perempuan yang mengonsumsi makanan dengan kandungan beta karoten seperti wortel dan paprika, mengalami 40 hingga 60 persen lebih kecil kemungkinan pengembangan kanker payudara.
Dr Richard Berks, senior research communications officer di Charity Breast Cancer Now, mengatakan kanker payudara atau jenis penyakit lainnya datang ke tubuh manusia lewat pilihan gaya hidup mereka.
"Sebelumnya kami sudah mengetahui bahwa diet yang sehat dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga menjaga berat badan sehat," jelasnya.
Berks menambahkan, semua orang dapat mengurangi risiko kanker payudara dan penyakit lainnya melalui pilihan gaya hidup yang sehat, di mana diet harus bervariasi dan seimbang. (Daily Mail)
Berita Terkait
-
Fakta Kanker Payudara yang Jarang Dibahas: Harapan Baru dan Pentingnya Skrining
-
4 Serum Wortel Kaya Vitamin C, Solusi Atasi Kulit Kusam dan Bekas Jerawat
-
Menkes Budi: Cowok Perokok Red Flag, Perempuan Bakal Tanggung Risiko Kanker
-
Inovasi Terapi Kanker Kian Maju, Deteksi Dini dan Pengobatan Personal Jadi Kunci
-
Bekas Jerawat Membandel? Coba 4 Cara Alami Ini, Bahannya Mudah Didapat
Terpopuler
- Mengapa Pertalite Mau Dihapus?
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Kaki Masih Pegal Setelah Lari? Ini 5 Sepatu Recovery Run Lokal dengan Review Terbaik
- Apa Itu Sepatu Hybrid? Ini 5 Rekomendasi Buatan Lokal Terbaik dan Serbaguna
- Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Notarace 2026 Siap Digelar, Ajang Lari yang Padukan Olahraga dan Wawasan Hukum
-
Rekomendasi Dokter Richard, Ini Solusi Praktis Redakan Wasir dengan Cara Alami
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?