Health / parenting
Ade Indra Kusuma
Ilustrasi Kakak dan adik yang saling menjaga. (Shutterstock)

Suara.com - Pertengkaran yang terjadi dalam hubungan kakak beradik mungkin sudah biasa terjadi. Dibalik kenakalan kakak yang kerap usil dengan adik, dan keberadaan adik yang kerap manja dan mengadukan pertengkaran dengan sang ibu menjadi kisah yang menunjukkan bahwa kaka beradik punya kasih sayang yang tak akan pernah hilang.

Bicara menjadi kakak itu ternyata berat, lho! Mereka harus mengorbankan beberapa hal dan pengorbanan itu seringkali nggak dipahami oleh adik. Sang adik mungkin akan sadar setelah dewasa, kalau kakaknya itu sangat baik dan melindungi.

Memangnya apa saja pengorbanan yang dilakukan kakak? Simak ulasan berikut.

Kakak harus rela berbagi kasih sayang ketika adik lahir

Baca Juga: Jangan Buang Biji Pepaya Anda, Banyak Manfaat Mengonsumsinya Lho

Menjadi kakak di usia yang sangat muda adalah hal yang sangat sulit. Umumnya, mereka yang menjadi kakak saat masih di bawah 10 tahun belum bisa berpikir dewasa dan nggak mau mengalah. Sayangnya, karena kehadiran adik, kakak seringkali matang sebelum waktunya. Mereka terpaksa diminta mengalah demi adik, meskipun sebenarnya kakak belum paham apa arti kata mengalah sekalipun.

Kakak siap pasang badan

Senakal-nakalnya kakak, ia kadangkala berani pasang badan dan siap dimarahi jika sang adik berbuat salah. Semuanya dia lakukan untuk membuat adik terhindar dari amukan orangtua. Hal inilah yang bakal adik mengerti ketika mereka besar nanti, bahwa kakak selalu melindungi.

Lalu apa saja yang bisa kakak lakukan untuk adik? Baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Sandi Disebut Ikut Threesome, Skandalsandiaga.com Akan Diblokir