Suara.com - Apakah Anda orang yang rentan terkena gout atau lebih dikenal sebagai asam urat? Ternyata apa yang Anda makan bisa berpengaruh sangat besar pada kondisi asam urat, lho. Ada beberapa makanan pemicu asam urat yang perlu Anda waspadai. Tapi, ada juga beberapa makanan yang bisa mengurangi gejala-gejalanya. Misalnya seperti produk susu rendah lemak, karbohidrat kompleks, kopi, dan buah-buahan, terutama buah sitrus. Dan pastikan Anda meminum 12-16 gelas air per harinya.
"Cairan apapun yang bisa membantu darah dan urine tetap mengalir lancar adalah pilihan yang baik," kata Lona Sandon, PhD, RDN, asisten profesor gizi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas.
Sementara itu, coba kurangi makanan dan minuman berikut ini agar tak memperburuk asam urat, seperti dikutip dari Health.com.
1. Daging merah
Gout atau asam urat terjadi saat kandungan purine kelewat banyak di dalam darah. Daging merah merupakan salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan purine.
Tapi bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali, Anda masih bisa mengonsumsinya sesekali.
2. Daging kalkun dan angsa
Meski termasuk dalam golongan daging putih, daging kalkun dan angsa memiliki kandungan purine yang cukup tinggi. Agar lebih aman, Anda bisa memilih daging ayam dan bebek untuk lebih aman, dan bagian paha lebih baik daripada bagian dada dengan kulit.
3. Bir
Baca Juga: Penderita Penyakit Asam Urat: Hindari Hidangan Imlek Berikut
Bir tak hanya meningkatkan kadar asam urat, ia juga membuat tubuh Anda sulit membersihkan zat ini dari sistem tubuh Anda. Apabila Anda tetap ingin mengonsumsi alkohol, wine adalah pilihan yang aman.
Akan tetapi ingat untuk tidak terlalu banyak meminumnya, dan jika bisa, jauhi alkohol sama sekali bila Anda rentan asam urat.
4. Minuman manis
Minuman manis dengan kandungan fruktosa yang tinggi seperti diet soda dan minuman rasa buah-buahan patut dihindari. Tak hanya bikin kita cepat gemuk, pemanisnya akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat.
Sebuah studi menemukan bahwa lelaki yang mengonsumsi banyak fruktosa memiliki risiko tinggi terkena gout, dan di tahun 2010, tim riset yang sama melaporkan bahwa meminum minuman tinggi fruktosa tiap hari dibanding meminumnya sekali dalam sebulan juga meningkatkan risiko gout pada perempuan juga.
5. Jeroan
Tag
Berita Terkait
Terpopuler
- Mengapa Pertalite Mau Dihapus?
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Kaki Masih Pegal Setelah Lari? Ini 5 Sepatu Recovery Run Lokal dengan Review Terbaik
- Apa Itu Sepatu Hybrid? Ini 5 Rekomendasi Buatan Lokal Terbaik dan Serbaguna
- Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
Pilihan
-
Aliansi Rakyat Memanggil Kritik Sederet Program Pemerintah, Tuntut Prabowo-Gibran Lengser
-
Hasil Piala Dunia 2026: Hajar Paraguay, Start Sempurna Amerika Serikat
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
Terkini
-
Notarace 2026 Siap Digelar, Ajang Lari yang Padukan Olahraga dan Wawasan Hukum
-
Rekomendasi Dokter Richard, Ini Solusi Praktis Redakan Wasir dengan Cara Alami
-
Kolesterol Tinggi Sering Tanpa Gejala, Dokter Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini sejak Usia 20 Tahun
-
Dokter Bantah Mitos Obat Kolesterol dan Diabetes Rusak Ginjal, Ini Penjelasannya
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?