Suara.com - Pola makan tinggi asupan minyak ikan disebut bisa membantu penderita migrain. Hal ini dinyatakan dalam penelitian dari National Institute on Aging (NIA) dan National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism (NIAAA).
Melansir dari Medical Xpress, pola makan tinggi lemak ikan membantu mengurangi jumlah sakit kepala dan intensitas nyeri kepala. Penelitian ini telah diterbitkan dalam The BMJ edisi 3 Juli.
Studi tersebut dilakukan terhadap 182 orang dewasa yang sering mengalami migrain. Mereka menemukan bahwa diet rendah asam linoleat dan lebih tinggi kadar asam lemak omega-3 seperti yang ditemukan pada ikan dan kerang dapat menenangkan peradangan jalur nyeri ini.
Dalam intervensi diet 16 minggu, peserta secara acak ditugaskan ke salah satu dari tiga rencana diet sehat. Semua peserta menerima peralatan makan yang mencakup ikan, sayuran, hummus, salad, dan item sarapan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan rendah minyak nabati dan lebih tinggi pada ikan berlemak menghasilkan antara 30 perse hingga 40 perse pengurangan total jam sakit kepala per hari, jam sakit kepala parah per hari, dan hari sakit kepala secara keseluruhan per bulan dibandingkan dengan kelompok kontrol.
Sampel darah dari kelompok peserta ini juga memiliki tingkat lipid terkait rasa sakit yang lebih rendah. Terlepas dari pengurangan frekuensi sakit kepala dan rasa sakit, peserta yang sama melaporkan hanya sedikit perbaikan dalam kualitas hidup terkait migrain secara keseluruhan dibandingkan dengan kelompok lain dalam penelitian ini.
Migrain, penyakit saraf, menempati urutan di antara penyebab paling umum dari nyeri kronis, kehilangan waktu kerja, dan penurunan kualitas hidup. Lebih dari 4 juta orang di seluruh dunia menderita migrain kronis.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?