Suara.com - Bagi pria, pola makan mediterania bisa berefek baik dalam meringankan disfungsi ereksi. Hal ini dinyatakan dalam penelitian yang diterbitkan pada ESC Congress 2021.
Melansir dari Medical Xpress, pria dengan hipertensi dua kali lebih mungkin mengalami disfungsi ereksi. Kondisi disfungsi ereksi ini adalah gangguan pada arteri kecil sehingga membuat pria mengalami penurunan kemampuan untuk ereksi.
Studi ini menilai kepatuhan terhadap diet Mediterania pada pria paruh baya dengan tekanan darah tinggi dan disfungsi ereksi. Pola diet ini menekankan pada buah, sayuran, biji-bijian dan minyak zaitun, konsumsi produk susu secara sederhana, dan membatasi daging merah.
Para peneliti kemudian memeriksa apakah kebiasaan diet dikaitkan dengan kebugaran, kadar testosteron, aliran darah, kekakuan arteri, dan kinerja ereksi. Penelitian ini melibatkan 250 pria dengan tekanan darah tinggi dan disfungsi ereksi, usia rata-rata mereka adalah 56 tahun.
Para peneliti menemukan bahwa pria dengan skor diet Mediterania yang lebih tinggi (di atas 29) memiliki cadangan aliran koroner dan testosteron yang lebih tinggi, kinerja ereksi yang lebih baik (skor SHIM di atas 14), dan kekakuan arteri yang lebih rendah.
"Dalam penelitian kami, mengonsumsi makanan Mediterania dikaitkan dengan kapasitas olahraga yang lebih baik, arteri dan aliran darah yang lebih sehat, kadar testosteron yang lebih tinggi, dan kinerja ereksi yang lebih baik," kata penulis studi Dr. Athanasios Angelis dari Universitas Athena, Yunani.
"Tampaknya masuk akal bahwa pola diet ini dapat meningkatkan kebugaran dan kinerja ereksi dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membatasi penurunan testosteron yang terjadi pada usia paruh baya," imbuhnya.
Berita Terkait
Terpopuler
- 4 HP realme dengan Chipset Snapdragon dan RAM 8 GB Termurah Juni 2026
- HP Rp1,5 Jutaan yang Bagus Merek Apa? Ini 5 Rekomendasi Terbaik David GadgetIn
- Tok! Panja DPR Sepakati RUU Polri: Usia Pensiun Bintara 59 Tahun, Perwira 60 Tahun
- 5 Kulkas 1 Pintu Anti Bunga Es dan Hemat Listrik, Harga Mulai Rp1 Jutaan
- Timnas Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-19 2026 Usai Kalahkan Vietnam
Pilihan
-
Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Mozambik di FIFA Matchday Malam Ini
-
Menkes Budi Gunadi Sadikin Susul Chatib Basri dan Luhut ke Istana
-
Bupati Muara Enim Resmi Pakai Rompi Oranye KPK
-
Luhut Bawa Chatib Basri ke Istana, Ini Tujuannya
-
Di Mana Menkeu Purbaya saat Chatib Basri Dipanggil Prabowo ke Istana
Terkini
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?
-
Memilih Susu Anak Tak Cukup Lihat Kandungan DHA, Orang Tua Perlu Cermati Komposisi Utamanya
-
Pencernaan Sehat Jadi Kunci Anak Aktif, Lahap Makan, dan Tidur Nyenyak
-
Stop Anggap Lemak Itu Jahat! Ini Alasan Mengapa Anak Justru Wajib Mengonsumsinya
-
Etawanesia dan Etawalin: Rekomendasi Susu Kambing Etawa Unggulan, Paling Diminati 2 Tahun Terakhir