Health / konsultasi
Bimo Aria Fundrika
Ilustrasi mencuci hidung demi terhindar dari virus Corona. (Shutterstock)

Suara.com - Selama pandemi Covid-19 kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan semakin meningkat. Bukan hanya rajin mencuci tangan, tapi beberapa juga ada yang kerap melakukan pembersihan hidung atau saluran pernapasan.

Salah satunya dengan menggunakan nose sanitizer. Beberapa menganggap bahwa nose sanitizer bisa membunuh virus. Tapi benarkah hal tersebut? 

Penggunaan nose sanitizer, dianggap para pakar kesehatan di dunia menjadi penting karena virus atau partikel lain terhirup masuk melalui hidung. Kemudian akan menyebar keseluruh tubuh bersamaan dengan penyaluran oksigen ke melalui pembuluh darah.

Pakar Kesehatan yang juga menjadi Menteri Kesehatan Indonesia pada kabinet gotong royong Ddr Achmad Sujudi, meyampaikan virus dapat lolos dari masker. Sebagai penguat dari prokes, nose sanitizer memiliki peran untuk mencegah virus masuk menuju paru-paru.

Baca Juga: Satgas COVID-19: Tren Kenaikan Kasus Dunia Tidak Dibarengi Peningkatan Angka Kematian

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

"Untuk mewujudkan hal tersebut kita harus mengetahui mekanisme penularannya termasuk pintu masuk virus tersebut ke badan kita. “Port d'entre” yang tidak lain adalah hidung, mulut dan mata, terutama hidung yang merupakan saluran utama pernapasan kita, ujar Sujudi.

Upaya membersihkan rongga hidung, mematikan virus yang akan masuk ke saluran pernafasan harus dilakukan dengan benar, banyak yangg melakukan tidak sesuai ketentuan Kesehatan.

Pemakaian uap air yang dihisap, dengan suhu uap air sekitar 60- 80 derajat Celcius, dapat berpengaruh terhadap paru-paru yang menyebabkan “oedema paru”

. Selain itu ada produk farmasi, yang berbentuk nose sanitizer yang dalam penelitiannya dapat mengurangi viral load bagi penderita Covid dengan gejala ringan dan bisa memberikan efek pencegahan” pungkas Dr Achmad Sujudi, mantan Menteri Kesehatan Indonesia.

Salah satu nose sanitizer yang diketahui bisa membunuh virus dalam hitungan menit, yaitu Enovid dikembangkan oleh SaNotize Canada, membunuh virus Covid -19 hingga 99,9%.

Baca Juga: Tren Kenaikan Kasus COVID-19, Apakah Indonesia Sudah Diambang Gelombang Ketiga Virus Corona?

"Nose sanitizer yang dikembangkan ini sudah terbukti tidak hanya sebagai pencegah virus penyebab Covid-19, tetapi juga membunuh virus Covid-19 ini dengan cepat," ucap Dr. Gilly Regev, CEO dan pendiri SaNotize.

Komentar

terkini