Suara.com - Membayar lebih untuk makanan mungkin berdampak buruk untuk dompet Anda, tetapi bisa jadi mengubah asumsi Anda tentang makanan yang Anda makan. Dinilai lebih lezat dan sehat.
Sebuah penelitian yang yang melibatkan 139 orang di New York, AS mengungkap fakta tersebut. Dalam penelitian ini responden diminta makan di restoran all-you-can-eat buffet Italia, yang mematok harga 4 dan 8 dolar AS (sekitar Rp 50.000 dan 100.000). Setelah mereka makan, mereka diminta untuk menilai makanan dan pengalaman mereka.
Para pengunjung yang membayar 8 dolar ternyata lebih menikmati makanan mereka ketimbang mereka yang membayar 4 dolar.
Padahal kedua kelompok makan jumlah makanan yang sama, orang-orang yang membayar 4 dolar memang mengakui mereka telah makan berlebih dan merasa lebih bersalah tentang makanan. Penelitian itu juga menemukan mereka kurang menyukai makanan yang disajikan.
"Kami terpesona untuk menemukan harga yang berdampak kecil pada berapa banyak satu makan, tapi berdampak besar pada konsumen untuk menafsirkan pengalaman mereka," jelas Brian Wansink, seorang profesor di Sekolah Ekonomi Terapan dan Manajemen di Cornell University, yang mengawasi penelitian itu.
Laporan mengenai penelitian ini dipresentasikan Mei lalu di pertemuan tahunan "American Society for Nutrition" di San Diego, AS. "Memotong harga makanan di restoran secara dramatis mempengaruhi bagaimana pelanggan mengevaluasi dan menghargai makanan," tambah Wansink.
Sedangkan Ozge Sigirci, peneliti di Cornell University Food and Brand Lab, yang menulis laporan penelitian itu mengatakan, "Kami terkejut oleh pola yang kita lihat. Jika makanan yang ada, Anda akan memakannya, tapi harga sangat mempengaruhi bagaimana perasaan seseorang tentang makanan bagaimana ia akan mengevaluasi restoran." (easygoodhealth.com)
Tag
Berita Terkait
Terpopuler
- 10 Pantangan Feng Shui Rumah yang Sebaiknya Dihindari, dari Pintu hingga Kamar Mandi
- 3 HP Infinix Memori 256 GB dan NFC Harga Rp1 Jutaan, Solusi Multitasking hingga Gaming
- 3 HP Xiaomi RAM 8 GB Murah di Bawah Rp1 Juta, Ini Pilihannya
- KPAI Desak Audit Total MBG: Tata Kelola Gagal, Anak-anak Jadi Korban Ambisi Program
- Ramalan Shio 9 Agustus 2026: 5 Shio Bakal Buang Kesialan dan Buka Jalan Keberuntungan
Pilihan
-
Sudah Dibangun Sejak 2023, Sejauh Mana Bibit Sriwijaya Kemampo Pulihkan Hutan Sumsel?
-
Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
-
100 Personel Damkar Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Gedung Bapenda DKI
-
Kantor Bapenda DKI Jakarta Dilalap si Jago Merah, Api Semakin Membesar
-
Bocoran Reshuffle Kabinet Agustus: Norman Joesoef Bakal Dilantik Jadi Wamenhan RI
Terkini
-
Dedi Mulyadi Ancam Tahan Bantuan Desa, Ini Penyebabnya!
-
Viral Pungli Wisata Air Panas Karo Berujung Blokade Jalan, 3 Orang Ditangkap
-
KPK Tahan 4 Tersangka Korupsi Dana Iklan Bank BJB, Kerugian Negara Rp223,6 Miliar
-
Mengenal Spesifikasi Isuzu New mu-X SUV Tangguh yang Siap Melibas Berbagai Medan
-
Bukan Cuma Gizi, Ini 4 Fondasi Utama Tumbuh Kembang Anak di 1.000 Hari Pertama
-
Olahraga Jadi Cara Pelaku Industri Panas Bumi Bangun Koneksi
-
Jaga Pasokan Energi Subsidi, Pengurus Hiswana Migas DPC Bogor Temui Ketua DPRD Kota Bogor
-
Pemadaman Kebakaran Hutan di Palangka Raya Terkendala Minimnya Sumber Air
-
Satelit AI Lampung-1 Meluncur dari China, Canggih Tapi Berisiko Data Leak?
-
336 Ribu Berebut 5.500 Kuota HUT RI di Istana, Warga yang Belum Pernah Hadir Diprioritaskan