Suara.com - Penikmat wine atau anggur bisa berbahagia, sebab menurut studi, rutin minum anggur merah dalam ukuran wajar rupanya dapat meningkatkan kesehatan otak.
Seperti yang dilansir dari InStyle, sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports menunjukkan bahwa tingkat konsumsi alkohol yang rendah dapat mengurangi peradangan.
Hal tersebut juga dapat membantu membersihkan racun dari otak, termasuk yang terkait dengan penyakit Alzheimer.
"Dalam studi ini kami telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa alkohol dalam dosis rendah berpotensi bermanfaat bagi kesehatan otak, yaitu meningkatkan kemampuan otak untuk membuang limbah," ujar Maiken Nedergaard, penulis utama penelitian yang diterbitkan oleh University of Rochester Medical Center (URMC) ) ini.
Ia menjelaskan bahwa otak memiliki proses pembersihan yang unik disebut dengan sistem glymphatic. Penelitian terbaru Maiken menunjukkan bahwa segelas anggur merah harian dapat meningkatkan sistem glymphatic kita.
Mereka yang terpapar dengan kadar alkohol rendah (sekitar 2,5 gelas per hari) sebenarnya menunjukkan lebih sedikit peradangan di otak. Sistem glymphatic mereka lebih efisien memindahkan cairan otak dan membersihkan limbah.
Nedergaard mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa asupan alkohol rendah hingga sedang dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Sementara minum banyak selama bertahun-tahun memberi peningkatan risiko penurunan kognitif.
"Studi ini dapat membantu menjelaskan mengapa hal ini terjadi. Secara khusus, rendah dosis alkohol tampaknya meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan," lanjutnya.
Namun perlu dicatat jika Anda bukan peminum anggur merah, penelitian ini tidak lantas menjadi dasar untuk memulainya. Tetapi jika Anda terbiasa menikmati segelas anggur saat makan malam, silakan lanjutkan dengan dosis semestinya.
Berita Terkait
Terpopuler
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Resmi! Chatib Basri Dapat Jabatan Baru Hari Ini
- Jaksa Skakmat Nadiem: Mau Putus Konflik Kepentingan, Kok Saham Gojek Tak Dijual?
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
- Honda Vario 160 Teranyar Dikabarkan Meluncur Akhir Bulan Ini, Tampang Lebih Agresif
Pilihan
-
Prediksi Meksiko vs Afrika Selatan: Head to Head, Susunan Pemain dan Fakta Menarik
-
Rekor Gila ARMY Indonesia! Belum Genap Sejam, Ratusan Ribu Tiket Konser OT7 BTS Ludes Tanpa Sisa
-
PTBA Kembangkan 500 Itik Petelur di Muara Enim, Hasilkan 200 Telur Omega per Hari
-
Raffi Ahmad Terseret Kasus Suap Impor, Padahal Cuma Basa-basi Titip Barang ke PT Blueray
-
Haji Bolot Dikabarkan Terkena Serangan Jantung, Posisi Masih di Rumah Sakit
Terkini
-
Rahasia Kulit Kencang, Ini 3 Krim untuk Atasi Kerutan Usia 40 Tahun ke Atas
-
Kapan Harus Ganti Spons Bedak? Jangan sampai Jadi Sarang Bakteri
-
Tak Harus Jadi Peneliti: Mengapa Karier di Bidang Lingkungan Kini Semakin Terbuka untuk Anak Muda?
-
5 Lip Cream Wardah yang Tahan Lama Sesuai Review Pengguna, Hasil Akhir Matte dan Transferproof
-
PT Blueray Cargo Perusahaan Apa? Jasa Logistik yang Seret Raffi Ahmad dalam Kasus Dugaan Suap
-
3 Cushion Wardah Terlaris di Shopee untuk Makeup Flawless, Lengkap Harga dan Review Pengguna
-
Ini Daftar Weton Tulang Wangi yang Harus Waspada di Malam 1 Suro, Punya Aura Kuat!
-
Cari Lip Gloss Bagus? Ini 5 Pilihan Under Rp100 Ribu yang Bikin Bibir Cantik dan Lembap
-
Beda Cushion Skintific Biru dan Pink, Ini Perbandingan Coverage dan Finish-nya
-
Sunscreen Apa yang Bikin Glowing? Ini 3 Pilihan Terbaik sesuai Review Pengguna