Lifestyle / food-travel
Vania Rossa | Dini Afrianti Efendi
Kompleks Yogurtluoglu di Kota Tirus. (Anadolu Agency)

Suara.com - Belum lama ini, pemerintah Turki menetapkan Hagia Shopia kembali menjadi masjid. Sebelumnya, bangunan bersejarah ini pernah menjadi gereja selama hampir satu milenium, masjid selama hampir 5 abad, dan belakangan menjadi museum.

Selain tanah Arab, Turki memang jadi tempat yang cukup istimewa dalam sejarah islam. Termasuk dengan keberadaan kota Tirus, Provinsi Izmir Pantai Aegean Turki yang sudah ada sejak 5.000 tahun lalu.

Kota ini memiliki beragam bangunan masjid yang unik, dengan ciri khasnya yang menonjol. Tak heran jika kota ini disebut sebagai kota Masjid.

Mengutip Daily Sabah, Kamis (30/7/2020), tidak kurang dari 50 masjid bersejarah ada di kota ini, yang sudah berdiri sejak beradab-abad lamanya. Meski sederet bencana dan peperangan sudah terjadi, tapi masjid-masjid ini tetap bertahan, ditambah pembangunan kembali oleh pemerintah setempat.

Baca Juga: Hormati Sejarah, Area Penobatan di Hagia Sophia Dibiarkan Terbuka

Sudut Istimewa Kompleks Yogurtluoglu

Salah satu daerah yang terkenal adalah Kompleks Yogurtluoglu, juga dikenal sebagai Yavukluoglu. Area ini terdiri dari sederet masjid seperti observatory, almshouse, madrasah, adrvan dan cemetery.

Sederet masjid ini juga sudah dibuka kembali untuk bisa beribadah di dalamnya sejak 2005 lalu, usai pemerintah merestorasinya secara besar-besaran.

Kompleks Yogurtluoglu, juga jadi lokasi para ilmuwan dan negarawan pernah belajar, itulah mengapa tempat ini jadi lokasi dan asitektur terindah yang ada di daerah Ottoman.

Bangunan bersejarah lainnya adalah Mesjid Yeil Imaret, yang oleh masyarakat setempat lebih dikenal sebagai Masjid Beyya Bey.

Baca Juga: Hormati Sejarah, Area Penobatan di Masjid Hagia Sophia Tak Dialasi Karpet

Ada juga Masjid Yeni Tirus, yang dibangun pada masa Sultan Selim II, ini adalah satu-satunya masjid yang terbuat dari batu yang ada di daerah tersebut.

Komentar