Lifestyle / komunitas
Risna Halidi | Dian Kusumo Hapsari
Ilustrasi interview kerja (unsplash/Johanna Buguet)

Suara.com - Perusahan menginginkan calon karyawan yang mampu bekerja optimal. Untuk itu, setiap calon pekerja diharapkan mampu menunjukkan dedikasi, kepercayaan diri, dan kecerdasan agar dilirik saat melamar pekerjaan.

Nah, jika kamu sedang mencari cara untuk menonjolkan profil saat mencari kerja, maka tips berikut pasti akan membantumu lebih lanjut!

1. Kembangkan jangkauan
Dilansir Times of India, mengenal orang-orang di industri yang kamu minati dapat membantumu mendapatkan pekerjaan. Tingkatkan koneksi jaringan karena rekomendasi mereka akan sangat bermanfaat. Kembangkan hubungan dengan orang-orang yang dapat memperkenalkanmu dengan HRD, perekrut, dan banyak lagi.

2. Buat portofolio multimedia
Manajer perekrutan selalu mencari kualitas ekstra pada calon potensial untuk sebuah lowongan pekerjaan. Jika kamu muncul dengan portofolio multimedia dan CV reguler, itu akan membuatmu menonjol. Portofolio multimedia adalah CV yang lebih teranalisis tentang pekerjaan dan proyekmu sebelumnya seperti memamerkan bakat terbaikmu

Baca Juga: Kunjungi NTB, Menaker Ingatkan Calon Pekerja untuk Jangan Percaya pada Calo

3. Tawarkan perspektif baru
Ini adalah cara yang sangat efektif untuk menunjukkan kemampuan berpikir kritis. Selama wawancara, kamu dapat menambahkan pemikiran dan saranmu tentang menerapkan perspektif baru ke proyek yang ada sehingga lebih efektif.

4. Gunakan statistik dalam portofolio
Angka sulit untuk diabaikan, terutama jika angka itu kebetulan menjangkau atau menguntungkan orang dalam skala besar. Persentase ahli tentang bagaimana Anda melebihi tujuanmu akan memberi manajer perekrutan pandangan tentang tanggung jawab yang dapat mereka berikan kepadamu.

5. Kesan pertama
Berikan jabat tangan penuh percaya diri dan hilangkan saraf tegang karena yang diperlukan untuk mendapatkan pekerjaan adalah kesan pertama. Miliki bahasa tubuh yang tepat yang menunjukkan seberapa perhatian dan analitis dirimu. Bersikaplah tegas, percaya diri, dan efektif saat menggambar jawaban. Jangan lupa untuk tersenyum dan tentu saja berpakaian rapi untuk membuat perekrut terkesan!

Komentar