Lifestyle / komunitas
Arendya Nariswari
Source: https://www.pexels.com/@sam-lion

Suara.com - Kasih sayang antara kucing dan pemiliknya pasti terbangun seiring berjalannya waktu. Namun, ikatan ini secara tidak langsung juga akan menyebabkan kehilangan saat salah satu di antaranya pergi begitu saja. Lalu apa saja pertanda kucing rindu pemilik?

Rupanya rasa rindu ini tidak hanya dirasakan oleh pemilik, sebagai manusia yang memiliki perasaan, namun juga kucing itu sendiri. Menurut Tim Link, pakar hewan dan Presiden Wagging Tails, meskipun perasaan cemas kucing saat ditinggalkan pemiliknya tidak sebesar anjing, namun mereka tetap menginginkan pemiliknya kembali tepat waktu.

Oleh sebab itu, sebaiknya jika Anda memiliki kucing, kenali perasaan mereka saat merasa merindukan Anda dan berikan perhatian lebih.

Dilansir dari laman Rover, berikut 5 ciri kucing merindukan pemiliknya

Baca Juga: Pecinta Kucing Wajib Tahu! Begini Cara Kucing Berkembang Biak

1. Dengkuran Ekstra

Sebuah studi yang dilakukan oleh Public Library of Science (PLOS), mengamati bagaimana kucing bertindak ketika ditinggalkan selama 30 menit dan selama beberapa jam. Studi tersebut menyebutkan bahwa ada reaksi dengkuran dan banyaknya regangan tubuh pada kucing yang sudah lama tak bertemu dengan sang pemilik.

Penelitian ini membuktikan bahwa perilaku tersebut dilakukan kucing karena senang melihat pemiliknya kembali ke rumah.

2. Mengekor Saat Pemilik Kembali di Rumah

Cara kucing mengekspresikan kasih sayang mereka kepada pemilik akan terasa lebih halus jika dibandingkan dengan anjing. Mereka mungkin tidak langsung berlari mengejar Anda, namun akan mengikuti kemanapun Anda melangkah di rumah.

Baca Juga: 11 Tanda-Tanda Kucing Mau Mati, Cermati Hal Ini Agar Tidak Terlambat

Selain itu, kucing juga suka menggosok badannya pada kaki pemiliknya sebagai ungkapan: Aku mencintaimu, aku merindukanmu, perhatikan aku!

3. Perubahan Sikap yang Drastis

Pernahkan Anda memperhatikan perubahan perilaku kucing peliharaan Anda? Mungkin anabul itu tidak sebaik dulu, atau terlihat menghindar saat melihat Anda. Beberapa orang mengaitkan reaksi negatif ini sebagai kecemasan pemisahan kucing karena mereka merasa pemiliknya tidak lagi mau bersamanya.

4. Merusak Barang

Tanda kucing rindu pemilik selanjutnya adalah perilaku suka merusak barang-barang di sekitar. Kebiasaan buruk ini memang bisa terbentuk, terutama saat kucing merasa bosan.

Beberapa kucing yang kesepian akan berbuat kekacauan saat pemiliknya pergi, lebih jauhnya lagi, jika mereka merasa cemas mungkin saja anabul ini akan buang air kecil di luar kotak kotorannya.

5. Sakit

Dalam beberapa kasus ekstrem, ada laporan yang menyampaikan bahwa kucing peliharaan akan sakit, secara fisik saat ditinggal pergi dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan, ketika ada orang yang dikenal datang untuk memeriksa kucing tersebut, mereka cenderung menolak karena benar-benar hanya ingin bertemu pemilik yang mereka rindukan.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar