Lifestyle / komunitas
Bimo Aria Fundrika
Air purifier. (Elements Envanto)

Suara.com - Menjaga kebersihan udara menjadi salah satu prioritas dalam mencegah penyebaran Covid-19. Oleh sebab itu penting bagi masyarakat memahami bahwa sirkulasi udara bersih dan sehat itu sangat penting. 

Salah satunya ialah dengan memilih pemurni alat penjernih udara atau air purifier. Tapi, sebenarnya apa yang perlu dipertimbangkan saat memilih air purifier? 

Direktur Utama Eomma Star Indonesia, Khrisna Gunadi, sangat berbeda dengan Air Conditioner atau AC yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat Indonesia.

"Air purifier adalah teknologi terbaik untuk menciptakan sirkuasi udara sehat di dalam ruangan. HEPA ini baik untuk filtrasi bakteri, virus hingga memberikan rasa aman," kata Khrisna beberapa waktu silam.

Baca Juga: Update COVID-19 Jakarta 14 Januari: Positif 554, Sembuh 164, Meninggal 1

Penggunaan air purifier dalam ruangan memiliki beberapa keunggulan. Pertama, air purifier bisa membersihkan udara karena memiliki tingkat kemampuan pembersih udara mencapai 95 persen. Tidak mendinginkan ruangan seperti AC, namun air purifier berfungsi mengeluarkan udara segar yang sudah bersih dan bebas polusi.

Kedua, banyak penyebaran penyakit menular yang tersebar melalui udara (airborne). Maka dari itu penggunaan air purifier untuk menyaring dan menetralisir virus dan bakteri yang terdapat di sirkulasi udara sangat penting.

Ketiga, perokok pasif memiliki resiko yang sama besarnya dengan perokok aktif terutama untuk paru-paru muda dan masih berkembang. Dengan alat penjernih udara, polutan penyebab asma, radang paru-paru, bronkitis, dan penyakit jantung bisa dicegah agar tidak berkeliaran karena mampu menyaring polutan hingga ukuran tiga mikron.

Selama beberapa bulan terakhir, penjualan air purifier di tanah air terpantau melonjak naik terutama di saat pandemi seperti saat ini. Eomma Star Indonesia juga tengah menggarap produk-produk air purifier dengan teknologi terbaik. Produk-produk Eomma Star ini tersedia di berbagai marketplace online.

“Dengan teknologi filtrasi terkini dan indicator kebersihan udara secara real-time, maka pengguna Air Purifier Eomma Star dapat memonitor secara langsung kualitas udara setiap detiknya. Sebagai contoh apabila terdapat asap rokok maka indicator angka akan naik secara tajam dan menunjukkan lampu indicator berwarna merah, menandakan bahwa kualitas udara sangat buruk," kata dia.

Baca Juga: Filipina Larang Warga yang Belum Divaksinasi Naik Transportasi Umum

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa  sistem filtrasi akan otomatis bekerja 300 persen lebih keras dan dalam hitungan menit angka indikator menurun serta lampu menjadi warna hijau. Itu  menandakan bahwa asap rokok sudah berhasil dinetralisir.

Komentar

terkini