Lifestyle / komunitas
Rima Sekarani Imamun Nissa
Ilustrasi kucing Anggora. (Pixabay/GAIMARD)

Suara.com - Kucing anggora adalah hewan karnivora. Ingatlah selalu hal itu saat mempertimbangkan makanan kucing anggora kesayangan Anda. Itulah alasan mengapa kucing anggora menolak saat diberi makanan non-daging seperti buah-buahan, sayuran, susu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan lainnya.

Apa Makanan Kucing Anggora?

Ingatlah bahwa kucing anggora makan hampir secara eksklusif protein dan lemak, berbeda dengan hewan omnivora yang membutuhkan sayuran dan buah-buahan.

Ilustrasi kucing (Elements Envato)

Ada keluarga yang memberi makan kucing anggora mereka dengan makanan anjing peliharaan mereka. Faktanya, makanan anjing bisa berakibat fatal bagi kucing anggora dari waktu ke waktu karena tidak memenuhi kebutuhan nutrisi mereka dan sering kali dipenuhi dengan terlalu banyak karbohidrat yang sulit diproses dengan baik oleh kucing anggora. Terlalu banyak karbohidrat dalam waktu lama juga menempatkan kucing anggora pada risiko diabetes.

Baca Juga: 6 Tips Menghilangkan Ketombe pada Bulu Kucing, Berikan Asupan Makanan Bergizi hingga Sampo Khusus

Makanan kucing anggora harus seimbang, yaitu mengandung nutrisi makanan dalam proporsi yang benar. Hewan peliharaan Anda adalah karnivora alami sehingga komponen makanannya harus berasal dari sumber hewani.

Dalam hal ini, protein akan menjadi bagian terpenting dari makanan. Protein sangat berguna dalam memperkuat tulang dan otot, mengingat kucing anggora memiliki tulang yang rapuh.

Lemak adalah kelompok nutrisi berikutnya yang harus dimasukkan dalam makanan kucing. Lemak mengandung asam amino tertentu yang berkontribusi pada kesehatan kucing termasuk tulang, rambut, gigi, dan kukunya.

Langkah sebelum Memberi Makanan Kucing Anggora

Sebelum memutuskan makanan tertentu untuk kucing anggora, pastikan bahwa makanan tersebut direkomendasikan oleh dokter hewan. Memenuhi pedoman makanan kucing anggora menjamin hewan kesayangan Anda menerima nutrisi yang diperlukan.

Baca Juga: Tidak Ada Salahnya Merawat Kucing Kampung, Simak 5 Alasan Berikut Ini!

Tak masalah jika memilih produk makanan dengan label premium, super premium, gourmet, dan lainnya. Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter hewan Anda makanan apa yang direkomendasikan untuk anggora.

Setelah Anda memutuskan makanan kucing anggora yang tepat, berikan tes rasa pada mereka. Jika kucing anggora memakannya tanpa masalah dan tampak menyukainya, itu adalah pilihan yang baik. Namun jika mereka terlihat tak suka, Anda harus kembali ke buku panduan.

Jika kucing anggora tidak menyukai makanan yang Anda berikan kepadanya, aksi mogok makan menjadi hal berbahaya yang mungkin terjadi. Jika mereka memutuskan untuk mogok makan, itu meningkatkan risiko kematian atau gagal hati.

Jika Anda memutuskan untuk beralih dari satu makanan ke makanan lain, berikan makanan baru sedikit demi sedikit dan dalam jumlah kecil selama sekitar satu minggu. Ini memudahkan kucing anggora untuk menerima dan merasa lebih nyaman.

Kontributor : Yulia Kartika Dewi

Komentar

terkini