Lifestyle / komunitas
Vania Rossa
Ilustrasi Membersihkan Bagian Dalam Lemari. (Shutterstock)

Suara.com - Sebagai furnitur yang jarang berpindah tempat dan selalu tertutup, munculnya debu dan kotoran di dalam lemari tidak bisa dihindari. Belum lagi kalau bagian dalam lemari lembap dan menyebabkan munculnya jamur yang bisa merusak barang-barang yang disimpan di dalam lemari. Itu sebabnya, bagian dalam lemari juga harus rutin dibersihkan.

Maka dari itu, Anda perlu rutin membersihkan lemari setiap beberapa bulan sekali, termasuk bagian dalam lemari yang paling rentan kotor dan berjamur. Bila dibiarkan begitu saja, bukan tidak mungkin barang-barang yang disimpan di dalam lemari bisa rusak akibat faktor yang tidak bisa dihindari ini.

Proses membersihkan lemari sendiri tidak terlalu rumit dan bisa dilakukan oleh satu orang saja. Namun, perlu dilakukan beberapa langkah dan urutan supaya prosesnya menjadi lebih mudah dan tidak merepotkan.

Membersihkan lemari juga bisa mencegah lemari menjadi over-kapasitas, terlalu berat, dan berisiko rusak. Penting juga untuk menjaga lemari dengan menyimpan barang sesuai kapasitasnya dan selektif terhadap barang-barang yang disimpan di dalam lemari.

Baca Juga: Bikin Trauma, Tak Diberi Selimut, Cowok Ini Jebol Pintu Lemari Saat Nginap di Rumah Teman

Kali ini Dekoruma memberikan enam langkah praktis untuk membersihkan lemari. Ikuti urutannya untuk memudahkan Anda dalam melakukan proses pembersihan.

1. Keluarkan Semua Barang untuk Memudahkan Proses Pembersihan

Proses membersihkan bagian dalam lemari dimulai dengan mengeluarkan semua barang yang disimpan di dalam lemari. Pakaian, kotak penyimpanan, bantal, dan semua barang-barang yang tersimpan. Mengosongkan lemari akan sangat memudahkan Anda untuk membersihkan lemari dengan proses selanjutnya.

Sebelum beralih ke langkah selanjutnya, kelompokkan barang-barang dari lemari, simpan dengan rapi sampai proses pembersihan selesai. Ini juga bisa menjadi momen untuk melakukan decluttering.

Membuang atau menyingkirkan barang-barang yang sudah rusak dan tidak dipakai dan mengorganisir barang-barang yang masih berguna. Dengan begitu, lemari tidak akan kelebihan kapasitas dan Anda pun semakin mudah mencari barang yang disimpan ketika diperlukan.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Buruk yang Membuat Lemari Pakaian Berantakan

2. Bersihkan Debu yang Menempel pada Rak dan Laci

Komentar

terkini