Suara.com - Sebuah studi terbaru mengungkap bahwa gaya makan orang tua memiliki dampak signifikan terhadap kebiasaan makan anak-anak.
Penelitian ini menunjukkan bahwa ketika orang tua konsisten dengan komitmen terhadap diet seimbang, mereka cenderung tidak hanya mengonsumsi makanan sehat, tetapi juga menularkan kebiasaan makan yang baik kepada anak-anak mereka.
Dikutip dari Medical Daily, Kamis (15/8/2024), anak-anak sangat dipengaruhi oleh perilaku makan orang tua mereka, khususnya dalam hal mengembangkan kebiasaan makan yang antusias atau sebaliknya menghindar. Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal "Appetite".
"Orang tua merupakan pengaruh utama dalam perilaku makan anak-anak, tetapi juga memiliki kesempatan yang ideal untuk mendorong diet seimbang dan kebiasaan makan sehat sejak dini pada anak-anak mereka," kata Dr. Abigail Pickard, peneliti utama studi tersebut.
Penelitian ini juga menyoroti pentingnya memahami bagaimana gaya makan orang tua terkait dengan gaya makan anak-anak mereka, serta faktor-faktor yang dapat diubah untuk menciptakan hubungan yang sehat dengan makanan.
Studi sebelumnya oleh tim peneliti yang sama telah mengidentifikasi empat perilaku makan pada anak usia tiga hingga enam tahun, yaitu makan tipikal, antusias, emosional, dan menghindar. Studi terbaru ini kemudian menyelidiki bagaimana keempat perilaku makan tersebut terkait dengan kebiasaan makan orang tua.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 41,4 persen dari sampel memiliki gaya makan tipikal, 37,3 persen makan antusias, 15,7 persen makan emosional, dan 5,6 persen makan menghindar.
Hubungan langsung antara perilaku makan orang tua dan anak sangat terlihat pada orang tua dengan gaya makan antusias atau menghindar, di mana anak-anak mereka cenderung meniru perilaku makan yang sama.
Para peneliti juga menemukan bahwa ketika orang tua dengan gaya makan antusias atau emosional menggunakan makanan untuk menghibur anak-anak mereka, anak-anak tersebut lebih cenderung mengembangkan kebiasaan makan yang serupa. Namun, jika orang tua ini menawarkan diet yang seimbang dan bervariasi, anak-anak mereka cenderung mengadopsi kebiasaan makan yang lebih sehat.
"Studi ini menekankan pentingnya intervensi yang tepat untuk menangani hubungan rumit antara gaya makan orang tua dan anak," kata para peneliti. (Antara)
Berita Terkait
-
Orang Tua Kian Selektif, Flyon Kids Jadi Pilihan Penambah Nafsu Makan Anak
-
7 Ramuan Ajaib dari Alam untuk Atasi Anak Susah Makan
-
Waspada! Ini 5 Tanda Anak Berisiko Sakit Jantung, Atur Pola Makan dengan Baik
-
Cara Tepat Menjaga Kebersihan Alat Makan Anak, Jangan Pakai Sembarang Sabun!
-
Jangan Biarkan Anak Pilih-Pilih Makanan! Ini Sebabnya
Terpopuler
- Feng Shui Warna Cat Rumah Pembawa Keberuntungan Berdasarkan Shio
- 4 Sepatu Lari Skechers yang Empuk untuk Jogging hingga Long Run Sesuai Review Pembeli
- Pemain Timnas Terlibat? 3 Kejanggalan Dugaan Pengaturan Skor Piala AFF 2026
- 5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet
- 4 Shio yang Diprediksi Nasibnya Makin Baik pada 15 Agustus 2026, Siapa Saja?
Pilihan
-
Gempa 6,4M Guncang Sumatera Utara sampai Sumbar
-
Masih Banyak Warga NTT Terjebak di Bawah Reruntuhan Bangunan, 2000 Orang Mengungsi
-
Info Terbaru Gempa NTT: 15 Warga Manggarai Tewas, 280 Bangunan Jadi Puing
-
5 Bandara Rusak Diguncang Gempa NTT, Landasan Pacu Sampai Retak
-
Pesona Masjid Pancasila Kediri: Sederhana di Luar, Bikin Pangling di Dalam
Terkini
-
Liburan Agustus Lebih Hemat! Ada Diskon di Wisata Nako Pasir Angin Bareng BRI
-
Satgas Galapana DPR RI ke Ruteng, Kumpulkan Menteri hingga Bos BUMN untuk Tangani Korban Gempa
-
Bangunan Dapur MBG di Muara Enim Jadi Sasaran Maling, Motor dan Ponsel Raib
-
Pasar Murah HUT RI Digelar di 5 Kecamatan Palembang, Ada Diskon Belanja Rp10 Ribu
-
Kado Anniversary Sempat Bikin Mahalini Kesal, Rizky Febian Bongkar Rencana Rahasianya
-
Apakah Serum Vitamin C Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Waktu Terbaik Agar Glowing Maksimal
-
Review Skintific 2% Salicylic Acid, Serum Ampuh Bikin Jerawat Meradang Langsung Kempes
-
73 Hotspot Terpantau di Kalsel, Kemenhut Dorong Verifikasi Dini Karhutla
-
Apresiasi Pidato Prabowo, Jubir PSI: Pertumbuhan Ekonomi Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat
-
Pengamat Kejaksaan: Bukan Febrie Adriansyah, Eksekutor Aset PT GBU Anggota Tim 9