News / internasional
Ruben Setiawan
Ilustrasi otak. (Shutterstock)

Suara.com - Situs jual beli online eBay kerap dijadikan sebagai sarana untuk menjual beragam barang yang terkesan unik, bahkan tak lazim. Demikian halnya dengan barang yang dijual seorang lelaki asal Amerika Serikat yang satu ini.

David Charles, (23) membuat eBay sekali menjadi sorotan. Betapa tidak, dirinya menjual sebongkah otak manusia yang ia curi dari sebuah museum di Indiana, Amerika Serikat.

Charles menerobos Medical History Museum, yang sebelumnya merupakan bekas rumah sakit jiwa itu dan mencuri beberapa barang. Selain sebongkah otak manusia, Charles juga membawa pulang mesin elektrokardiogram, mikroskop, serta timbangan bayi.

Charles ditangkap pada bulan Desember 2013 setelah seorang lelaki membeli enam toples berisi otak darinya dengan harga 400 Poundsterling di eBay. Transaksi tersebut berujung pada penangkapan Charles.

Penyidik kepolisian berhasil mengidentifikasi identitas Charles lewat secarik kertas dengan sidik jari Charles di atasnya. Selain menangkap Charles, polisi juga menyita 80 toples berisi organ tubuh manusia.

Charles mengaku bersalah atas enam tuduhan kriminal yang diarahkan padanya. Ia divonis satu tahun tahanan rumah serta dua tahun masa percobaan. (Metro)