Siswanto
Rabu, 16 September 2020 | 15:15 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

Suara.com - Mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyampaikan duka cita atas wafatnya Sekretaris Daerah Jakarta Saefullah, hari ini.

"Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya Sekda DKI Jakarta Bapak Saefullah, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan," kata Ahok yang kini menjabat komisaris utama PT. Pertamina (persero) melalui akun Twitter.

"Pak Saefullah adalah sosok yang rajin dan cepat dalam bekerja," Ahok menambahkan.

Saefullah merupakan mantan wali kota Jakarta Pusat. Dia terpilih menjadi sekretaris daerah ketika Ahok menjabat pelaksana tugas gubernur Jakarta tahun 2014 mendampingi Joko Widodo. 

Saefullah terpilih menjadi sekretaris daerah, kata Ahok ketika itu (Jumat, 11 Juli 2014), karena nilainya baik dibandingkan dua kandidat yang lain. 

Sebelum meninggal dunia, Saefullah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, karena terinfeksi Covid-19. Selama Saefullah dirawat, posisinya digantikan Sri Haryati.

Setelah mendapatkan kabar duka cita, Gubernur Jakarta Anies Baswedan menuliskan pesan di media sosial.

"Innalillahi wa inna ilaihi roojiun. Saudara kita, sahabat baik kita, pribadi shaleh yang amat baik itu yang selama ini bekerja bersama kita telah dipanggil pulang ke rahmatullah. Bapak Saefullah wafat pukul 12.55 di RSPAD-GS," ujar Anies.

Anies mengatakan, "Mohon doakan. Bagi semua, segerakan ambil air wudhu dan siang ini kita semua selenggarakan sholat ghaib untuk almarhum."