News / nasional
Reza Gunadha | Chyntia Sami Bhayangkara
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bersama Jokowi (Instagram)

Suara.com - Beredar narasi yang menyebutkan duet Joko Widodo (Jokowi) dengan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masuk dalam daftar 5 pemimpin terbaik yang ditakuti dunia.

Narasi tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Batlayeri Aliyaman. Akun tersebut mengunggah foto dengan tulisan sebagai berikut:

"Ahok-Jokowi masuk daftar 5 besar pemimpin terbaik yang ditakuti dunia".

Benarkah klaim tersebut?

Baca Juga: Viral 7 Doa Habib Rizieq bagi Pendukung Ahok, Hidup Susah hingga Penyakit

Fakta Jokowi-Ahok raih penghargaan pemimpin terbaik yang ditakuti (Turnbackhoax.id)

Penjelasan

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, Jumat (27/11/2020), klaim yang menyebut Jokowi-Ahok pemimpin terbaik yang ditakuti dunia adalah klaim yang salah.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada sumber pemberitaan dari portal media manapun yang menyatakan Jokowi-Ahok pemimpin terbaik yang ditakuti dunia.

Presiden Joko Widodo pernah mendapatkan penghargaan Asian of The Year 2019 karena dinilai memiliki ketegasan dalam menghadapi dan memimpin rumitnya persoalan di dalam dan luar negeri.

Selain itu, Jokowi juga masuk dalam daftar 50 besar tokoh muslim yang berpengaruh.

Baca Juga: Habib Rizieq Doakan Ahokers Hidup Susah, Seret Rezeki, Berpenyakit Langka

Jokowi juga menyabet penghargaan sebagai insinyur oleh ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO) karena telah berhasil menggenjot pembangunan infrastruktur selama menjabat sebagai presiden.

Komentar