News / nasional
Bangun Santoso
Kakorlantas, Irjen Istiono. (foto dok. Ist)

Suara.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol. Istiono mengatakan jajarannya akan melakukan rapid/swab test antigen secara acak kepada para pemudik pada liburan Tahun Baru 2021 yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

"Kira-kira swab antigen itu diperuntukkan bagi masyarakat yang kondisi kesehatannya kurang sehat, silakan mengecek kesehatannya," ujar Istiono melalui siaran pers, Jakarta, Senin (28/12/2020).

Ia melanjutkan, "Nah, bila petugas menemukan ada rombongan mobil yang tidak patuh protokol kesehatan, kami arahkan ke sini untuk random check sehingga mengetahui kira-kira positif atau negatif. Di sini dilakukan swab antigen gratis."

Hal itu disampaikan Kakorlantas saat meninjau pelaksanaan Operasi Lilin 2020 di Rest Area KM 575, Ngawi, Jawa Timur, Senin.

Baca Juga: Kisaran Harga Rapid Tes Antigen CePad UNPAD Rp120 Ribu, Ini Kelebihannya

Istiono menambahkan bahwa pada hari Senin tercatat 100 orang yang melewati tol tersebut telah mengikuti rapid test antigen ini.

"Random check ini ada 100 orang yang dilakukan pemeriksaan. Ini rutin dilakukan sampai 4 Januari saat arus balik nanti," kata Istiono sebagaimana dilansir Antara.

Istiono mengatakan bahwa kegiatan ini untuk menekan penyebaran penularan COVID-19.

Terkait dengan arus mudik Tahun Baru 2021, Kakorlantas memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada tanggal 30 dan 31 Desember 2020.

Oleh karena itu, berbagai persiapan pengamanan lalu lintas sudah disiapkan, termasuk untuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan, demi mencegah penyebaran COVID-19.

Baca Juga: Ingin Wisata Tahun Baru di Gunung Bromo? Wajib Bawa Tes Rapid Antigen

"Pada tanggal 30—31 Desember nanti sebagai puncak arus mudik tahun baru," katanya.

Komentar