News / metropolitan
Rifan Aditya | Aulia Hafisa
Benarkah BPJS Beri Dana Bantuan Kesehatan dan Modal Usaha? (Turnbackhoax.id)

Suara.com - Beredar pesan melalui SMS dengan pesan mengenai dana bantuan kesehatan & modal usaha dari Pusat BPJS Kesehatan. Ketika tautan tersebut dibuka, tautan tersebut mengarah pada laman blogspot (https://websiteresmidanabantuanbpjs.blogspot.com/?m=1.

Perlu diperhatikan tautan yang diarahkan dari pesan tersebut bukan laman resmi BPJS. Laman resmi BPJS diakhiri dengan domain go.id, yang mana menjadi domain resmi bagi lembaga pemerintahan.

Berikut narasi yang beredar:

“Yth, Peserta BPJS
Anda Menerima DANA BANTUAN Kesehatan & Modal Usaha
Dari Pusat BPJS Kesehatan
Code PIN: 45ff88
U/Info Klik:
bit.ly/WebsiteResmiDanaBantuanBPJS”

Baca Juga: Dirut BPJS Kesehatan: Sustainabilitas Program Jaminan Kesehatan Harus Terjaga

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com melalui laman resmi BPJS, tidak ada informasi yang berkaitan dengan penerimaan atau pembagian dana bantuan dari kantor pusat tersebut.

Dengan demikian, pesan yang tersebar melalui SMS tersebut merupakan kabar bohong atau tidak benar. Selain itu, Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Anas Ma’ruf melalui kompas.com menyatakan bahwa hal tersebut adalah hoaks.

Hal tersebut sudah pernah di konfirmasi oleh Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri Hernina, Agustin Arifin, melalui detik.com yang menyatakan “Laman resmi kami diakhiri dengan domain go.id (go dot id) yang artinya web resmi lembaga Pemerintahan. Bila tidak diumumkan melalui laman ini, maka bisa dipastikan informasinya tidak benar.”

Benarkah BPJS Beri Dana Bantuan Kesehatan dan Modal Usaha? (Turnbackhoax.id)

Kesimpulan

Baca Juga: Terima Kuota Internet 10 GB Kemendikbud Ristek, Ini Kata Pelajar Sumsel

Dengan demikian, klaim dana bantuan kesehatan & modal usaha dari Pusat BPJS Kesehatan merupakan hoaks dengan kategori Konten Palsu.

Komentar