News / metropolitan
Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)

Suara.com - Cerita seorang ibu yang melahirkan saat mati lampu di puskesmas viral. Pasalnya, ibu itu sampai harus melahirkan dengan modal penerangan senter ponsel.

Kisah ini dibagikan oleh pengguna Facebook bernama M Haris Suhud. Ia mengungkapkan kejadian ibu yang melahirkan dengan senter ini terjadi pada bulan Agustus 2021 di Puskesmas Todanan, Blora.

"Ini cerita ibu-ibu melahirkan di Puskesmas Todanan saat mati lampu bulan Agustus lalu," tulis Haris dalam akun Facebook seperti dikutip Suara.com, Senin (1/11/2021).

Haris lantas membagikan tangkapan layar berupa kisah ibu tersebut. Ibu itu dibawa ke Puskesmas Todanan pada malam hari dalam kondisi hujan gerimis.

Baca Juga: Viral Wanita Bandingkan Harga Make up dan Kebutuhan Suami, 'Kalau Protes, Kebangetan!'

Saat itu, rumah ibu itu sedang mati listrik. Situasi itu rupanya juga terjadi di Puskesmas Todanan. Walau begitu, sang ibu dan keluarganya meyakini jika Puskesmas tentu memiliki cadangan genset untuk menyalakan listrik.

"Setengah 9 meluncur ke Puskesmas masih dalam keadaan gerimis dan mati listrik. Dari rumah sudah ayem, meski mati listrik. Tapi Puskesmas pasti punya cadangan genset jumbo, jadi aman nggak akan gelap di sana."

Viral Cerita Ibu Melahirkan Pakai Senter Ponsel di Puskesmas Todanan Blora. (Facebook/M Haris Suhud)

Tak disangka, genset Puskesmas ternyata mengalami kerusakan. Alhasil, sang ibu harus melahirkan bayinya dalam kondisi gelap gulita.

"Tapi atas izin Allah, ternyata genset puskesmas rusak. Terpaksa gelap-gelapan lagi."

Beruntung, suami ibu itu membawa ponsel yang dilengkapi senter. Bidan yang bertanggung jawab untuk membantu proses persalinan juga turut menyalakan senter ponselnya.

Baca Juga: Sultan Abis! Ngidam Pie Susu, Orang Ini Gercep Ajak Teman Beli Langsung ke Bali

Akhirnya dengan bantuan cahaya senter, ibu itu berhasil melahirkan bayinya dengan selamat. Baik ibu dan bayi dinyatakan sehat setelah persalinan.

"Setelah melewati beberapa bukaan, alhamdulilah dengan bantuan flash hp ayah dan bu bidan, tanggal 21 Agustus 2021 pukul 21.30 adek bayinya lahir dengan selamat, sehat, tanpa kurang suatu pun."

Meski kejadian sudah lama, Haris memiliki alasan tersendiri untuk memviralkan kembali kisah ini. Ia mengungkap kasus mati listrik di Puskesmas Todanan kembali terjadi.

"Sekarang saat makan di warung tadi malam, ada bapak-bapak cerita kalau orang tuanya diinfus dan bertepatan dengan mati lampu juga."

Viral Cerita Ibu Melahirkan Pakai Senter Ponsel di Puskesmas Todanan Blora. (Facebook/M Haris Suhud)

Haris lantas mengkritik pihak PLN Blora atas seringnya kasus mati listrik terjadi di daerahnya. Selain PLN, Haris turut menyentil Bupati Blora, Arief Rohman.

"Ayolah berbenah. Hari gini masih aja busuk pelayanannya @plnulpblora @plnup3kudus. Nah untuk Pak H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, sepertinya Bapak perlu memastikan genset puskesmas Todanan berfungsi dengan baik, Pak."

Lebih lanjut, Haris mengungkap kondisi listrik di Puskesmas itu menyangkut nyawa pasien. Karena itu, tidak seharusnya puskesmas mati listrik dalam jangka waktu lama.

"Ini berkaitan dengan nyawa orang lho. Sekarang lahiran aja nggak boleh di rumah sendiri. Tapi di Puskesmas aja begini. Mati lampu genset nggak berfungsi."

"Tahu sendiri kan @plnulpblora busuk dan lambat pelayanannya. Jadi tolong segera diperbaiki yang sekiranya bisa cepat diperbaiki Pak H. Arief Rohman, S.IP., M.Si."

Video yang mungkin Anda lewatkan:

Komentar