News / nasional
Rifan Aditya
Kiamat Sugra adalah Kiamat Kecil, Ini Tanda-Tanda yang Harus Diketahui - Ilustrasi tsunami (Freedigitalphotos/Danilo Rizzuti)

Suara.com - Kiamat sugra adalah kiamat kecil, apa maksudnya pengertian itu? Kiamat merupakan sebuah proses hancurnya alam semesta beserta kehidupan yang telah diciptakan oleh Allah SWT.

Bagi seorang muslim, percaya terhadap hari kiamat merupakan rukun iman kelima yang wajib untuk diyakini. Begitu juga dengan kiamat sugra.

Sesungguhnya hari Kiamat pasti akan datang. Tidak ada keraguan tentangnya, tetapi kebanyakan manusia tidak beriman. (Q.S. Al-Mu’Min (40):59).

Pengertian Kiamat Sugra

Baca Juga: Perlu Data yang Jelas, BPBD Sleman Jelaskan Langkah Bantuan Bagi Warga Terdampak Bencana

Dalam Islam, kiamat dibagi menjadi dua yakni kiamat kubra dan kiamat sugra. Kiamat kubro atau kiamat besar merupakan peristiwa kehancuran seluruh alam semesta dan isinya.

Sementara itu kiamat Sugra adalah berakhirnya sebagian kehidupan yang ada di dunia yang biasa disebut dengan kiamat kecil. Kiamat sugra dapat didefinisikan sebagai bencana alam hingga kematian yang menimpa seseorang.

Dalam hadist Rasulullah SAW menjelaskan tentang kiamat sugra yang berbunyi sebagai berikut.

“Jika salah seorang dari kalian meninggal dunia, maka kursinya diperlihatkan kepadanya pada saat pagi-sore hari. Jika ia termasuk ahli surga, maka ia akan melihat jelas gambaran dirinya sebagai ahli neraka. Dikatakan kepadanya, “Ini kursimu hingga Allah membangkitkanmu pada hari Kiamat”. (HR. Bukhari).

Berikut adalah tanda-tanda kiamat sugra yang wajib untuk umat muslim waspadai.

Baca Juga: Antisipasi Bencana Hidrometerologi, 29 Pos Pantau Kebencanaan di Bantul Diaktifkan

Tanda-Tanda Kiamat Sugra

Komentar