News / nasional
Rifan Aditya
Link Pengumuman SPAN PTKIN 2022. (Tangkapan Layar/pengumuman.span-ptkin.ac.id)

Suara.com - Kabar gembira bagi seluruh calon mahasiswa yang telah mendaftar  Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2022. Pengumuman SPAN-PTKIN 2022 telah resmi diumumkan hari ini, Jumat (15/4/2022) pada pukul 14.00 WIB. Lalu dimana dapat akses link pengumuman SPAN PTKIN 2022?

Link pengumuman SPAN PTKIN 2022 dapat diakses melalui laman resmi www.pengumuman.span-ptkin.ac.id. Perlu diketahui bahwa SPAN PTKIN merupakan seleksi nasional prestasi akademik dengan menggunakan nilai raport dan prestasi yang diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA/Sederajat kelas 12. SPAN PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh panitia yang ditetapkan oleh Menteri Agama RI. 

Pelaksanaan seleksi ini diikuti oleh 59 perguruan tinggi negeri yang terbuka bagi seluruh calon mahasiswa. Seleksi SPAN PTKIN ini telah dimulai sejak tanggal 7 Februari hingga 28 Februari 2022 untuk pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Seleksi kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran yang diselenggarakan pada 4 Maret hingga 31 Maret 2022.

Adapun 10.927 sekolah yang menginput data siswa ke sistem SPAN PTKIN. Berdasarkan informasi dari panitia, total mahasiswa eligible yang mendaftar SPAN PTKIN mencapai 1,3 juta peserta. Dari peserta eligible, ada 172 ribu peserta yang melakukan pendaftaran. Hasil akhir ada 58.140 peserta yang dinyatakan lolos SPAN PTKIN 2022.

Baca Juga: Pendaftaran UTBK SBMPTN Diperpanjang Sampai Besok Sabtu

Lantas bagaimana cara cek hasil seleksi SPAN PTKIN 2022 melalui laman www.pengumuman.span-ptkin.ac.id? Simak ulasan singkatnya berikut ini.

Cara Cek Pengumuman SPAN PTKIN 2022

  1. Pertama buka laman www.pengumuman.span-ptkin.ac.id 
  2. Kemudian masukkan nomor pendaftaran atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Hasil seleksi akan langsung ditampilkan dalam layar website SPAN PTKIN 2022. Bagi peserta yang lolos, maka dapat langsung melakukan daftar ulang sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.

Sementara itu bagi para peserta yang masih belum berhasil dalam memperebutkan kursi di seleksi SPAN PTKIN 2022 ini, Kementerian Agama (Kemenag) juga membuka jalur ujian masuk berbasis komputer atau UM PTKIN) pada 25 April hingga 31 Mei 2022 mendatang.

Itulah sedikit informasi seputar link pengumuman SPAN PTKIN 2022 yang dapat diakses melalui www.pengumuman.span-ptkin.ac.id. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Baca Juga: Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2022 Diperpanjang Sampai 16 April, Cek Lagi Cara Daftarnya

Komentar

terkini