Otomotif / mobil
Arsito Hidayatullah | Insan Akbar Krisnamusi
Mobil van FBI untuk memata-matai yang dijual di eBay. [Carscoops/eBay]

Suara.com - Di film-film produksi Hollywood, kadang kita melihat para agen Federal Bureau of Investigation (FBI) memata-matai seseorang menggunakan mobil van. Siapa sangka, mobil van yang pernah dipakai oleh agen FBI sungguhan dalam aktivitas spionasenya itu kini sedang dijual di eBay.

Mobil tersebut, seperti diwartakan Carscoops pada akhir pekan ini, ialah sebuah van Dodge Ram produksi 1989. Penjualnya di eBay mengatakan, van tersebut dibeli oleh FBI saat masih baru, kemudian dijejali berbagai perangkat spionase yang hebatnya masih terpasang sampai sekarang.

Di dalam van, Anda akan melihat barang-barang seperti dua layar LCD, toilet, interkom, radar, alat perekam suara, alat perekam video, dan lain sebagainya. Si penjual bahkan berjanji untuk melegonya lengkap dengan rekaman orisinil yang didapat saat FBI sedang memata-matai targetnya, juga beberapa catatan yang mereka buat.

Van bekas FBI ini sendiri baru menempuh jarak 23.500 mil (4.023 km) sepanjang usianya. Bisa jadi, jarak sependek itu karena kendaraan tersebut lebih banyak dipakai untuk diam di satu tempat sembari merekam aktivitas plus pembicaraan target FBI.

Berdasarkan pantauan Suara.com di laman eBay pada Sabtu (22/7/2017), van tersebut bakal dijual ke penawar tertinggi hingga Senin (24/7) sore waktu Pasifik atau Selasa (25/7) WIB. Hingga berita ini ditulis, mobil tersebut tercatat telah ditawar sebanyak 29 kali.

Adapun penawaran tertingginya untuk sementara adalah 11.501 dolar AS atau sekitar Rp153,28 juta. Sang penjual sendiri mengklaim bahwa van itu masih bisa berjalan dengan baik.

Bagaimana, Anda tertarik ikut menawar van yang menjadi saksi bisu kegiatan spionase FBI ini?