Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Toyota Fortuner TRD Sportivo. Sebagai ilustrasi [Toyota Global].

Suara.com - Pandemi Coronavirus Disease atau Covid-19 mesti disikapi dengan bijak. Alih-alih nongkrong di warung, bergerombol atau tidak mengindahkan imbauan physical distancing, lebih baik berikan sesuatu yang membangkitkan semangat pihak lain. Utamanya bagi para pasien, para terduga Covid-19, serta tenaga kesehatan atau nakes di bidang penanganannya.

Seperti baru saja viral di media sosial, warga sebuah permukiman memberikan tepuk tangan dan jempol pertanda salut kepada satu unit ambulans. Berbasis Toyota Fortuner, inilah mobil penjemput pasien diduga Covid-19. Sikap itu  tentu membuat hati hangat dan optimis, berbanding terbalik dengan situasi negatif yang terjadi di pelbagai tempat. Seperti perundungan terhadap nakes, sampai penolakan pemakaman jenazah nakes atau pasien meninggal karena Coronavirus Disease.

Para nakes yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19 layak diapresiasi setinggi-tingginya. Simak juga ini, saat satu unit ambulans pengangkut jasad pasien Covid-19 mengalami kejeblos tanah gembur di salah satu kompleks permakaman.  Hanya para petugasnya sendiri bahu-membahu mengatasi kendala, sampai si mobil lolos dari medan sulit.

Sementara itu, salah satu produsen mobil asal Jerman, Porsche menaruh satu unit mobilnya di balai lelang RM Sotheby. Siap dilelang hari ini, Rabu (15/4/2020) dan hasilnya akan digunakan bagi penanganan Covid-19. Bukan sekadar produk, yang akan dilelang adalah Porsche 911 Speedster atau dikenal sebagai 991 edisi ketujuh. Yaitu unit pamungkas generasi Porsche 911 yang diproduksi pada 20 Desember 2019.

Baca Juga: Hari Ini PSBB Berlaku di Bogor, Banyak Warga Belum Paham Saat Simulasi

Sedangkan dari India, seorang kepala sekolah sekaligus ibu, nekat menempuh jarak tak kurang dari seribu km demi menjemput putranya. Si anak  yang bersekolah di bidang kesehatan tidak bisa pulang menjelang negara itu memberlakukan lockdown. Sebagai orangtua, sang ibu yang telah ditinggal wafat suaminya tadi tak bisa tinggal diam. Ia meminta surat izin jalan kepada polisi dan langsung gaspol menuju kota lain untuk mengangkut anaknya pulang.

Berikut adalah lima berita rekomendasi dari kanal otomotif Suara.com yang dirangkum pagi hingga malam tadi. Selamat membaca, dan tetaplah tinggal di rumah.

Catatan dari Redaksi: Jika merasakan gejala batuk, sakit tenggorokan dan demam, informasi seputar Coronavirus Disease (Covid-19) bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119. Terapkan imbauan tetap tinggal di rumah, dan jaga jarak atau physical distancing, minimal dua meter persegi. Selalu gunakan masker setiap keluar rumah.

1. Perjuangan Kru Mobil Jenazah saat Antar Korban Covid-19, Bikin Salut!

Potret perjuangan kru ambulans saat antar jenazah virus corona. (Facebook/Arif Witanto)

Pengguna media sosial belakangan ini kerap diterpa kabar mengenai penolakan jenazah korban virus corona di berbagai daerah di tanah air.

Baca Juga: Tenaga Kesehatan Garda Terdepan Covid-19, Pemprov Jabar Beri Insentif

Bahkan yang terbaru, jenazah seorang perawat yang tertular virus tersebut sampai harus pindah makam dari Tempat Pemakaman Umum (TPU) Siwarak, Kecamatan Ungaran Barat menjadi ke TPU Bergota, Semarang, yang terletak di belakang RSUP dr Kariadi, Semarang.

Komentar