Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kia Sonet tampak sektor eksterior [KIA Global].

Suara.com - Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA Indonesia), Ario Soerjo mengungkapkan bahwa pihaknya sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan KIA Sonet di Indonesia.

Bahkan, ia menyebutkan Kia Sonet sudah melakukan uji jalan di Tanah Air.

"Kia Sonet sudah diuji jalan di sini. Biasanya jika sudah diuji, kemungkinannya sekitar 90 persen masuk Indonesia. Kami berharap dapat terealisasi sehingga konsumen semakin banyak pilihan," ujar Ario Soerjo, saat ngobrol virtual bersama Forum Wartawan Otomotif atau Forwot.

Ia menambahkan, saat ini semua model-model KIA sedang dipelajari terutama yang menggunakan setir kanan. Ada satu catatan bahwa negara kita sedikit tertinggal soal emisi, karena negara-negara lain sudah bicara Euro 5.

Interior Kia Sonet [KIA Global via ANTARA Foto].

"Jika masuk ke Indonesia (Kia Sonet) kemungkinan akan menyentuh beberapa segmen, baik crossover maupun SUV. Dan saat ini produsen mobil di Indonesia banyak memberikan pilihan model crossover atas kategori kendaraan MPV-nya," jelas Ario Soerjo.

Baca Juga: Laris Manis, Kia Sonet Dipesan 6.523 unit di Hari Pertama "Booking Online"

Lebih jauh, ia menyatakan bahwa Kia Sonet sesuai dengen segmentasi Indonesia sebagai kendaraan 7-seater. Dan di sisi lain pasar kategori Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia sedang tumbuh.

Sementara dari dapur KIA Indonesia sendiri, kekinian penjualan masih didominasi model Kia Seltos dengan kontribusi sebesar 75 persen. Sisanya dibagi model-model lainnya, yaitu  Kia Picanto, Rio, dan Kia Sedona.

"Ke depan kami rencanakan akan ada kendaraan niaga. Sehingga kontribusinya mungkin akan berubah lagi," pungkas Ario Soerjo.

Komentar

terkini