Otomotif / mobil
Rifan Aditya
Cara mencuci mobil - gambar hanya ilustrasi - Penggunaan teknologi robotik untuk pencucian mobil di Autoglaze One Stop Car Service [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Tak dapat dipungkiri, saat musim hujan mobil jadi mudah kotor. Untuk membersihkannya, kamu tak perlu membawanya ke tempat cuci mobil, karena kamu bisa mencucinya sendiri. Berikut ini cara mencuci mobil tanpa sabun.

Untuk mendapatkan hasil yang kinclong, mengkilat dan cat tidak pudar, dianjurkan untuk cuci mobil tanpa sabun. Mengapa demikian? Sebab, zat kimia di dalam sabun dapat membuat lapisan kilap mobil rusak.

Perlu diketahui, cara cuci mobil yang benar tak hanya membersihkan badan mobil dari kotoran, tapi juga harus memperhatikan cat mobil agar tidak timbul baret atau cacat. Nah, berikut ini cara mencuci mobil tanpa sabun agar tetap kinclong, mengkilap dan cat tidak rusak.

1. Tahap Pencucian

Baca Juga: Layanan Prima, Fasilitas Cuci Mobil Gratis di Hotel Ini Jadi Viral

Pada tahap pencucian ini, pastikan siram seluruh badan mobil menggunakan air bersih dari selang atau Jet Wash. Lalu, mulai bersihkan bagian bawah mobil, yakni: bemper, pelek, ban dan lainnya. 

Usahakan untuk tetap hati-hati dan sabar saat menghilangkan kotoran atau pasir yang menempel. Barengi dengan menyiramkan air mengalir ke atasnya saat membersihkan kotoran.  

Perlu diingat, hindari melap mobil tanpa kucuran air, sebab hal itu membuat cat mobil dapat  tergores. Setelah itu, siram kembali badan mobil menggunakan air mengalir

Selanjutnya, gunakan lap lembut atau wash mitt atau kanebo untuk dicelupkan ke ember air yang sudah dicampur shampoo. Lalu, mulai bersihkan bagian paling atas hingga bagian bawah dengan cepat juga teratur.

2. Tahap Pembilasan

Baca Juga: Hotel Fasilitasi Cuci Mobil Gratis untuk Tamu, Warganet Salut

Pada tahap pembilasan, dianjurkan untuk menggunakan lap berbeda. Sebab, lap bekas cuci ditakutkan masih mengandung shampo.

Komentar