Press Release / pressrelease
Vania Rossa
L'Oreal Paris Stellar Power Accelerator (Dok. L'Oreal Paris)

Suara.com - Berdasarkan Data Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Besar, lebih dari 60% UMKM Indonesia dikelola oleh perempuan Indonesia. Itu sebabnya, peran perempuan tak dapat diremehkan.

Bekerja sama dengan Stellar Women, sebuah komunitas yang mendukung dan menghubungkan perempuan berdaya, L’Oréal Paris resmi menjadi mitra utama Stellar Power Accelerator Program 2022 sebagai bentuk dukungan nyata untuk memberi kelas inspirasi, mentoring dan membantu perempuan dalam memajukan usaha mereka.

Dalam survei bertajuk "Advancing Women in Entrepreneurship" yang dilakukan oleh Google-Kantar tahun 2020, angka partisipasi perempuan Indonesia dalam bidang kewirausahaan termasuk yang tertinggi di Asia Tenggara.

Penelitian tersebut menemukan bahwa 49% wanita menyatakan telah memiliki bisnis yang mereka jalankan sendiri, sementara 45% mengaku baru ingin berwirausaha.

Baca Juga: Terapkan Kebijakan Pengarustamaan Gender, Menaker Raih PIMTI Awards 2021

Delapan dari 10 perempuan yang sudah atau ingin berwirausaha di Indonesia mengungkapkan keinginan mereka untuk meningkatkan keterampilan dalam menjalankan bisnis, seperti keterampilan berbinis, pengelolaan uang, dan keterampilan digital.

Namun, walaupun angka partisipasi wanita dalam bidang kewirausahaan di Indonesia tercatat paling tinggi di Asia Tenggara, mereka masih terganjal sejumlah stigma dan stereotip untuk mewujudkan impiannya.

Maria Adina, Brand General Manager L’Oréal Paris mengatakan, ”Di L’Oréal Paris, kami percaya bahwa setiap perempuan berharga, dan berhak untuk merasa percaya diri dalam mengekspresikan diri, dan tentunya untuk menggapai impian di bidang apapun yang kita pilih. Untuk itu, L’Oréal Paris berkomitmen untuk secara nyata mendukung kemajuan perempuan Indonesia dengan mitra strategis Stellar Women yang memiliki misi yang sama.”

“Perempuan memiliki kekuatan menjadi motor penggerak dimanapun mereka berada, apapun karyanya. Namun, seringkali terhalang akses dan tak jarang ekspektasi sosial yang membuat mereka membatasi kemampuan dirinya sendiri dalam mewujudkan kesuksesan yang diimpikan, terutama untuk menjadi perempuan pekerja dan pengusaha," katanya lagi, mengutip siaran pers yang diterima Suara.com.

L’Oréal Paris bermitra dengan Stellar Women akan memberikan inspirasi, kelas-kelas pengembangan bisnis, sampai akses mentoring dengan perempuan pengusaha yang berhasil sukses.

Baca Juga: Bangga! Perempuan Indonesia Raih Penghargaan Internasional dari Singapura

"Harapan kami, melalui program ini kami dapat memungkinkan para perempuan pengusaha untuk mendobrak batasan dalam meningkatkan kemampuan diri baik secara bisnis maupun pribadi, dan melahirkan pengusaha-pengusaha perempuan baru yang bisa kita semua banggakan,” lanjut Adina.

Komentar