Sport / balap
Reky Kalumata | Arief Apriadi
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. [AFP/Filippo Monteforte]

Suara.com - Marc Marquez telah memiliki status sebagai raja di Sirkuit Sachsenring, Jerman. Mampukah Dani Pedrosa, Valentino Rossi atau Jorge Lorenzo mematahkan status Marquez di sirkuit Sachsenring saat balapan MotoGP Jerman di akhir pekan ini.

Jika ditanya siapa pebalap yang pantas menyandang gelar raja di Sirkuit Sachsenring, Jerman, nama pebalap Respol Honda, Marc Marquez pastinya akan menjadi yang pertama terlintas dalam kepala.

Pasalnya, pebalap Spanyol itu, telah merajai Sirkuit Sachsenring, Jerman sejak 2010 silam kala masih membalap di kelas 125cc. Tercatat, di Sachsenring, Marquez satu kali menjadi juara di kelas 125cc, dua kali di Moto2 pada 2011 dan 2012, dan lima kali setelah promosi ke kelas para raja, MotoGP, pada 2013.

Itu menunjukan bagaimana besarnya dominasi pebalap berjuluk The Baby Alien di GP Jerman. Maka, saat seri MotoGP 2018 kembali ke Sachsenring, satu hal yang patut dipertanyakan, siapa pebalap yang mampu memutus dominasi Marquez?

Tentu hal itu tak akan mudah. Sebab, karakter sirkuit yang memiliki panjang 3,671 km itu dinilai sangat cocok dengan karakteristik balap Marc Marquez dan motor Honda.

Selain menjadi salah satu sirkuit terpendek di seri MotoGP, karakteristik lintasan Sachsenring yang tak searah jarum jam juga menguntungkan sang juara dunia 2017 yang bertangan kidal. Dari 14 tikungan yang ada di Sachsenring, 10 diantaranya punya belokan kearah kiri.

Pebalap yang paling mungkin menjadi pesaing Marquez di Sachsenring adalah rekan satu timnya, Dani Pedrosa yang tercatat telah empat kali menjadi juara di sirkuit tersebut.

Pebalap gaek Movistar Yamaha, Valentino Rossi juga menjadi kandidat paling potensial untuk menjegal Marquez dalam meraih podium juara ke sembilan berturut-turut di GP Jerman.

Di kelas premier, Rossi punya catatan cukup mentereng dengan empat kali meraih podium juara di Sirkuit Sachsenring. Pebalap Italia itu juga menjadi pesaing terdekat Marquez dalam perebutan gelar juara MotoGP 2018, karenanya juara dunia sembilan kali diprediksi akan mati-matian mengincar podium di GP Jerman.

Selain Pedrosa dan Rossi, Jorge Lorenzo juga punya potensi untuk menjadi antagonis bagi Marquez di GP Jerman nanti.