Rizki Nurmansyah
Rabu, 18 Desember 2019 | 06:05 WIB
Atlet lompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa membentangkan Bendera Merah Putih setelah berhasil memenangkan pertandingan Final Lompat Jauh Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Minggu (8/12/2019). [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Suara.com - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, mengapresiasi prestasi atlet asal Badung, Maria Natalia Londa yang berhasil menyumbangkan medali bagi kontingen Indonesia pada ajang SEA Games 2019 Filipina dengan memberikan bonus tambahan.

"Tentu kami atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Badung merasa sangat bangga atas prestasi yang berhasil diraih oleh Maria Londa," kata Bupati Giri Prasta di Mangupura, Badung, Selasa (17/12/2019).

Pada perhelatan SEA Games ke-30 tersebut, Maria Londa menyumbangkan satu medali emas dari nomor lompat jauh dan satu medali perak dari nomor lompat jangkit.

Atas prestasi tersebut, Maria Londa mendapat bonus Rp 75 juta, serta bonus sebesar Rp 25 juta untuk pelatihnya, I Ketut Pageh.

Bupati Giri Prasta berharap, kedepannya prestasi tersebut tidak berhenti hanya sampai SEA Games saja, namun dapat ditingkatkan lagi pada kegiatan-kegiatan lain yang levelnya lebih tinggi seperti Asian Games dan Olimpiade.

Atlet lompat jangkit Indonesia Maria Natalia Londa melompat pada pertandingan Lompat Jangkit Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019). [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Selain itu, ia juga ingin prestasi yang berhasil diraih Maria Londa tersebut dapat menjadi inspirasi dan memacu semangat bagi generasi-generasi muda di Badung untuk bisa mengikuti jejaknya.

"Dengan begitu nantinya akan makin banyak pahlawan-pahlawan olahraga yang dilahirkan oleh Badung sehingga dapat semakin mengharumkan nama Bali dan Badung di tingkat internasional," katanya menambahkan.

Sementara itu, Pageh mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan penghargaan yang diberikan oleh jajaran Pemerintah Kabupaten Badung.

Atlet lompat jangkit Indonesia Maria Natalia Londa melompat pada pertandingan Lompat Jangkit Putri SEA Games ke-30 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Sabtu (7/12/2019). [ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana]

Ia berharap, perhatian dan apresiasi yang diberikan tersebut dapat memotivasi atlet-atlet lainnya agar bisa berprestasi dalam setiap perhelatan olahraga, baik di level nasional maupun internasional.

"Sebagai atlet yang berasal dari Badung, kami juga berharap kedepannya Maria Londa juga dapat menjadi bagian dari kontingen Badung untuk turun dalam ajang Porprov maupun dalam PON bahkan di SEA Games berikutnya," ujarnya dikutip Suara.com dari Antara.