Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Kamis, 23 Januari 2020 | 17:46 WIB
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, merayakan kemenangan atas Soong Joo Ven (Malaysia) dalam laga final beregu putra SEA Games 2019 di Muntinlupa Sport Complex, Manila, Filipina, bersama sang pelatih Hendry Saputra (kiri), Rabu (4/12). [Humas PBSI]

Suara.com - Pelatih Tunggal Putra PBSI, Hendry Saputra menyanjung tinggi pencapaian Anthony Sinisuka Ginting di gelaran Indonesia Masters 2020.

Menurutnya, penampilan atlet bulutangkis 23 tahun itu sudah jauh lebih matang.

Anthony berhasil mengakhiri dahaga gelar sejak Septmber 2018 dengan menjuarai Indonesia Masters 2020.

Di laga final, ia menumbangkan wakil Denmark, Anders Antonsen dalam pertarungan rubber game, 17-21, 21-15 dan 21-9.

Hendry menilai penampilan anak didiknya di partai puncak cukup luar biasa.

Pelatih Tunggal Putra PBSI, Hendry Saputra, saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur. [Suara.com/Arief Apriadi]

Hal itu jadi cerminan bahwa secara mental dan fisik, Anthony telah mengalami banyak peningkatan.

"Di babak-babak awal Indonesia Masters 2020, dia tak banyak mendapat tekanan. Tapi di laga terakhir, itulah ujian dia," ujar Hendry saat ditemui di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur.

"Di babak final, Anthony bisa mengeluarkan semua kemampuannya. Saya lihat di situ dia bisa bermain bagus. Terlepas kehilangan game pertama, dia bisa melewati masa sulit. Itu paling bagus, penting," tambahnya.

Selain soal mentalitas yang kian baik, Hendry menyebut secara teknis pun Anthony sudah mengalami peningkatan.

Di final, tunggal putra Indonesia itu dinilainya jarang melakukan kesalahan sendiri.

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting berfoto dengan ibunya, Lucia Sriati usai menerima medali dalam pertandingan babak final Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (19/1). [Suara.com/Alfian Winanto]

"Anthony jarang mati sendiri, dia bermain lebih safe. Kedua, dia lebih fokus dalam menerapkan strategi apa yang sudah dia rancang. Saya lihat hal itu bisa dijalaninya dengan baik," beber Hendry.

Setelah Indonesia Masters 2020, Anthony direncanakan untuk membela tim beregu Indonesia di ajang Badminton Asia Team Championships (BATC) 2020, 11-16 Februari mendatang.

Read more...