Sport / balap
Reky Kalumata | Arief Apriadi
Pebalap LCR Honda Idemitsu asal Jepang Takaaki Nakagami. ANTARA/AFP/Lillian Suwanrumpha/aa. (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)

Suara.com - Raihan pole position di MotoGP Teruel 2020 membuat semangat Takaaki Nakagami untuk mengulang torehan rider Jepang pendahulunya menguat.

Pebalap LCR Honda itu bertekad untuk mengakhiri puasa kemenangan rider Jepang di ajang MotoGP yang telah berlangsung selama 16 tahun.

Terakhir kali pebalap Negeri Sakura meraih kemenangan di MotoGP adalah pada 2004 lewat Makoto Tamada yang di masa itu juga menunggang motor Honda seperti Nakagami.

Selebrasi pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami usai menyabet pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Teruel di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol. [PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP]

Tamada tak hanya sekali meraih kemenangan pada gelaran MotoGP 2004. Dia berhasil mencatatkan dua podium juara di MotoGP Rio de Janeiro dan MotoGP Jepang.

Baca Juga: Bikin Kejutan, Takaaki Nagakami Pun Tak Percaya Raih Pole MotoGP Teruel

"Saya tidak terlalu ingat balapan itu, tapi mereka bilang kemenangan terakhir pebalap Jepang dicatatkan Tamada-san, pada 2004," kata Takaaki Nakagami dikutip dari Tuttomotoriweb, Minggu (25/10/2020).

“Enam belas tahun yang lalu, waktu yang lama telah berlalu sejak saat itu. Saya adalah teman baiknya, sebagai seorang anak saya menyaksikannya di TV ketika dia berjuang untuk kemenangan."

"Saya bangga bisa membawa pulang pole [position MotoGP Teruel 2020], langkah selanjutnya adalah [meraih] kemenangan," tambahnya.

Di MotoGP Teruel yang akan berlangsung hari ini, Minggu (25/10/2020) pukul 19.00 WIB, Nakagami mengaku sudah punya strategi untuk bisa merengkuh kemenangan.

Namun, dirinya tak naif. Dia menganggap pebalap lain, khususnya yang mengisi start tiga terdepan, yakni Franco Morbidelli dan Alex Rins adalah lawan yang sulit dikalahkan.

Baca Juga: Top Sport Sepekan:Respons Honda Soal Kabar Marc Marquez Jalani Operasi Lagi

“Saya sudah memikirkan strategi, tapi Morbidelli dan Rins sangat kuat di awal balapan, jadi saya berharap di atas segalanya mendapatkan awal yang baik," beber Nakagami.

Komentar