Sport / balap
Arief Apriadi
Selebrasi pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami usai menyabet pole position pada sesi kualifikasi MotoGP Teruel di Sirkuit MotorLand Aragon, Spanyol. [PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP]

Suara.com - Pebalap LCR Honda, Takaaki Nakagami terkaget-kaget melihat data motor RC213V milik Marc Marquez. Merujuk data yang ada, dia menyebut gaya balap The Baby Alien benar-benar kontras dengan rider Honda lain.

Selama Marc Marquez absen sepanjang MotoGP 2020, Honda mendorong peningkatan performa Takaaki Nakagami. Dia banyak belajar dari data motor Cal Crutchlow, dan sedikit banyak 'mengintip' milik Marc Marquez selaku pembalap pabrikan.

Nakagami musim ini tampil cukup mengejutkan bagi Honda. Saat tim pabrikan asal Jepang itu kehilangan sosok Marquez, dia sedikit banyak mencuat memberi pembuktian.

Pebalap Jepang berusia 28 tahun itu berhasil meraih pole position perdananya di MotoGP pada seri balapan MotoGP Teruel akhir Oktober lalu.

Baca Juga: Homologasi Pada Sirkuit Mandalika Sebelum Gelar MotoGP 2021, Apa Maksudnya?

Sebelumnya, sempat tampil begitu kompetitif dan sangat berpeluang meraih podium meski akhirnya hanya finis keempat di MotoGP Andalusia 2020 pada 26 Juli lalu.

Di MotoGP 2020 sendiri, Nakagami mengakhiri musim di peringkat ke-10 dengan raihan 116 poin. Itu adalah pencapaian terbaik pembalap Honda musim ini.

“Saya bukan juara dunia, saya tidak pernah memenangkan balapan MotoGP atau naik podium di MotoGP. Saya di tahun ketiga dan saya masih belum memiliki hasil yang "bagus"," kata Takaaki Nakagami dikutip Tuttomotoriweb, Kamis (3/12/2020).

"Jadi saya selalu mencoba meningkatkan gaya berkendara saya, set-up motor saya. Jadi dari tahun pertama saya selalu melihat datanya, terutama rekan setim saya, Cal."

Marc Marquez teciduk sedang berada di paddock tim Repsol Honda (Twitter)

Di MotoGP 2020, Nakagami secara terus terang menyebut dirinya mengintip data Marc Marquez. Saat melihatnya, dia cukup terkejut lantaran terdapat banyaknya perbedaan gaya balap antara dirinya dan delapan kali juara dunia.

Baca Juga: Mirip Ducati Multistrada V4, Honda Gold Wing Bakal Dilengkapi Radar

"Jika saya punya kesempatan, saya coba lihat datanya bagaimana caranya. dia mengelola motor ini," beber Takaaki Nakagami.

Komentar