Sport / balap
Arief Apriadi
Mantan pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. [AFP/Jose Jordan]

Suara.com - Dani Pedrosa dan Mika Kallio akan mempertahankan peran mereka sebagai pembalap penguji dan pengembangan untuk tim pabrikan KTM pada MotoGP 2021.

Menyadur Crash, tim pabrikan asal Austria itu ingin menggenjot performa motor setelah melalui musim yang cukup sukses di MotoGP 2020.

Kallio telah terlibat dalam proyek KTM sejak awal, termasuk menjadi penunggang dalam debut motor RC16 pada pabalap tunggal di 2016 dan balapan penuh setahun setelahnya.

Sementara Dani Pedrosa baru datang ke paddock KTM pada 2019 setelah mengakhiri 18 tahun kebersamaan dengan Honda dan pensiun di akhir 2018.

Baca Juga: Top Sport: Ceko Mundur dari MotoGP 2021, Mandalika Bakal Jadi Penggantinya?

Kehadiran Pedrosa sebagai pembalap penguji disebut-sebut sebagai salah satu faktor melesatnya performa rider KTM yang musim ini berhasil meraih tiga kemenangan, delapan podium, dan peringkat ketiga di klasemen konstruktor.

“KTM ingin terus berkembang dan saya sangat senang untuk tetap bekerja dengan mereka dan membantu pembalap mereka mencapai tujuan yang lebih besar," kata Dani Pedrosa dikutip dari Crash, Kamis (17/12/2020).

"Saya ingin berterima kasih kepada Pit Beirer, Stefan Pierer dan Red Bull atas semua kepercayaan mereka pada saya."

Mantan pebalap MotoGP yang kini menjadi pebalap penguji KTM, Dani Pedrosa. [Instagram@ktmfactoryracing]

Di saat Pedrosa berulang kali menolak tawaran KTM untuk kembali mengaspal dengan peran pembalap, Mika Kallio telah memperlihatkan dia cukup bisa diandalkan dalam 14 pabalap yang dia ikuti.

Kallio turun sebagai pembalap KTM di MotoGP entah menggunakan wild card maupun sebagai pengganti. Pada 2020, dia mengakhiri musim dengan berperan sebagai pembalap tim KTM Tech3 menggantikan Iker Lecuona.

Baca Juga: Top 5 Sport Sepekan: Sudah Dipecat Yamaha, Jorge Lorenzo Terciduk Kasus Ini

“Sangat menyenangkan untuk melanjutkan proyek ini. Lima tahun telah berlalu bersama kru ini dan saya tidak percaya waktu telah berlalu begitu cepat," kata Kallio.

Komentar