Sport / balap
Cesar Uji Tawakal
Danilo Petrucci. (Twitter)

Suara.com - Dengan berakhirnya uji coba MotoGP terbaru, tim-tim di ajang ini mendapat kesempatan untuk mencoba beberapa desain fairing yang aneh.

Salah satu tim yang kreasinya banyak dibicarakan adalah KTM. Dilansir dari Visordown, pabrikan asal Austria ini sempat kepergok menguji salah satu desain fairing paling kompleks melalui tim satelitnya, Tech 3 Racing.

Pengujian sampel fairing dilakukan oleh Iker Lecuona, dan perbedaan pertama dan paling jelas adalah lubang bor di bagian depan fairing.

Di tahun-tahun yang lalu, fairing ala keju Swiss adalah hal biasa di sirkuit Philip Island yang dikenal sebagai salah satu lintasan berangin kencang.

Baca Juga: Motornya Tak Kompetitif, Morbidelli Mulai Hilang Harapan di MotoGP 2021

Salah satu 'korbannya' adalah Miguel Oliveira, eks pembalap KTM Tech 3 yang kini balapan bersama tim pabrikan.

Pada saat itu, pria Portugal ini berbenturan dengan tembok samping karena angin begitu kencang sehingga mendorongnya ke rerumputan dan mengalami kecelakaan berkecepatan tinggi, memaksanya untuk melewatkan balapan.

Fairing baru RC16 KTM. (visordown.com)

Disinyalir lubang-lubang ini punya fungsi layaknya generator pusaran kecil, membantu aliran udara di sekitar fairing dan pengendara.

Elemen baru lainnya dari fairing adalah dua winglet kecil, satu di depan tulang kering Lecuona dan yang lainnya lebih rendah di trailing edge fairing bawah.

Winglet baru ini seolah-olah ada untuk membantu memaksimalkan aliran udara ke bagian belakang motor, menggabungkan angin ke depan dan membantu Tech 3 KTM meluncur di udara dengan lebih efisien dan lebih cepat.

Baca Juga: Duo Pembalap Repsol Honda Crash di MotoGP Catalunya 2021, Begini Tanggapan Bos Honda

Komentar