Sport / arena
Rifan Aditya
Lompat Kangkang: Pengertian, Cara Melakukan dan Hal yang Perlu Diperhatikan - Ilustrasi olahraga atau latihan fisik. (Shutterstock)

Suara.com - Apakah anda termasuk penggemar senam lantai atau orang yang sedang belajar dengan berbagai gerakan senam? Mungkin Anda dapat mencoba gerakan lompat kangkang.

Apa itu lompat kangkang? Penasaran? Simak pengertian lompat kangkang hingga cara melakukannya dalam ulasan berikut.

Pengertian Lompat Kangkang

Menurut KBBI, lompat kangkang adalah lompatan dengan kedua kaki terbuka. Gerakan tersebut dikenal dalam olahraga senam lantai. Gerakan tersebut dilakukan dengan lompatan dengan posisi panggul ditekuk, kaki terbuka lebar tanpa meluruskan badan. 

Baca Juga: Sikap Lilin, Cara Melakukan Salah Satu Gerakan Senam Lantai

Gerakan lompat kangkang dikenal juga sebagai straddle vault. Dilansir dari website, merriam-webster.com,  straddle vault merupakan gerakan senam di mana tubuh melewati peralatan dalam posisi duduk dengan kaki terbentang lebar ke setiap sisi.

Gerakan ini dikenal sebagai salah satu gerakan dalam senam lantai. Senam lantai atau floor exercise merupakan olahraga kebugaran yang dilakukan di lantai.

Kegiatan ini membutuhkan alat bantu, yaitu matras dan peti lompat. Namun, saat latihan juga bisa digantikan oleh rekan. Rekan diminta memposisikan badan dengan membungkuk. 

Gerakan lompat kangkang memerlukan kebugaran ketangkasan serta kelenturan tubuh. 

Cara Melakukan Lompat Kangkang

Baca Juga: 7 Momen Aurel dan Atta Halilintar Ikut Yoga Kamasutra, Tak Sabar Punya Baby

Lantas bagaimana cara melakukannya agar aman dan minim cedera? Berikut tekniknya!

Komentar