Sport / arena
Rifan Aditya
Sikap Lilin, Cara Melakukan Salah Satu Gerakan Senam Lantai, ilustrasi. (Shutterstock)

Suara.com - Sikap lilin merupakan salah satu jenis gerakan dalam senam lantai. Menurut Federation International de Gymnastique (FIG), sikap lilin adalah sikap tidur terlentang, yang kemudian kaki diangkat lurus dan rapat ke atas, dengan kedua tangan bertopang pada pinggang.

Gerakan sikap lilin dilakukan di atas matras dengan kaki lurus dan tegak ke atas menyerupai lilin. Penggunaan matras berfungsi untuk menghindari cidera atau rasa sakit pada anggota tubuh. Lantas bagaimana cara melakukan sikap lilin yang mudah dan aman bagi pemula?

Teknik Sikap Lilin

Dilansir dari berbagai sumber, terdapat beberapa teknik untuk melakukan sikap lilin. Teknik dalam melakukan sikap lilin yaitu sikap awal, pelaksanaan dan sikap akhir.

Baca Juga: Buka Kelas Yoga Orgasme di Bali, Bule Kanada Ternyata Tak Kantongi Izin

1. Sikap Awal

Sebelum melakukan sikap lilin lakukan pemanasan lebih dulu. Selain itu, gunakan matras untuk menghindari rasa sakit dan cedera pada anggota tubuh. Lalu, lakukan gerakan sebagai berikut:

  • tidur terlentang dengan kaki lurus sejajar, rapat dan rileks,
  • pandangan lurus ke atas,
  • kedua tangan di samping badan.

2. Pelaksanaan

Angkat (melecutkan) kedua kaki ke atas, dengan posisi masih lurus dan rapat. Topang punggung dengan menggunakan kedua tangan.

3. Sikap Akhir

Baca Juga: 7 Momen Aurel dan Atta Halilintar Ikut Yoga Kamasutra, Tak Sabar Punya Baby

Tahan agar tubuh seimbang dan kaki tetap rapat dan lurus ke atas. Untuk menurunkan kaki, tekuk lutut dengan posisi kaki tetap rapat lalu turunkan badan.

Komentar